Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU BERDASARKAN KEMAMPUAN AWAL MATEMATIS SISWA SMP DI PEKANBARU

DIAN NOVITA (2018) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU BERDASARKAN KEMAMPUAN AWAL MATEMATIS SISWA SMP DI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018977PMT.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018977PMT.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018977PMT.pdf

Download (567kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018977PMT.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018977PMT.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018977PMT.pdf

Download (509kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018977PMT.pdf

Download (516kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018977PMT.pdf

Download (818kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018977PMT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (704kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018977PMT.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018977PMT.pdf

Download (405kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap kemampuan komunikasi matematis berdasarkan kemampuan awal siswa SMP Negeri 16 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah PosttestOnly Control Design. Teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu uji-t, korelasi (Product Moment), dan anova dua arah (two Fctorial design). Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: (1) Terdapat perbedaan komunikasi matematis siswa antara siswa yang belajar menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dengan siswa menggunakan pembelajaran konvensional (2) Tidak terdapat perbedaan kemampuan awal siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol (3) Terdapat kontribusi antara kemampuan awal dengan komunikasi metamatis (4) Tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan awal terhadap komunikasi matematis siswa. Dengan demikian secara umum pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis yang ditinjau berdasarkan kemampuan awal pada siswa SMP Negeri 16 Pekanbaru. Kata Kunci: Realistic Mathematics Education (RME), Kemampuan Komunikasi Matematis, Kemampuan Awal Matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 21 Jun 2019 04:31
Last Modified: 21 Jun 2019 04:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14148

Actions (login required)

View Item View Item