SAVIRAH (2018) PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA SIROJUTTHOLIBIN SIMPANG RAYA KECAMATAN SINGINGI HILIR KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018976PGMI.pdf Download (554kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018976PGMI.pdf Download (437kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018976PGMI.pdf Download (461kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018976PGMI.pdf Download (430kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018976PGMI.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018976PGMI.pdf Download (493kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018976PGMI.pdf Download (457kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018976PGMI.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018976PGMI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018976PGMI.pdf Download (378kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018976PGMI.pdf Download (292kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Swasta Sirojuttholibin Simpang Raya Kecamatan Singingi Hilir Kuantan Singingi Melalui Penerapan Pendekatan Matematika Realistik (PMR). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang tidak mencapai nilai KKM yang telah ditetapkan oleh madrasah yaitu 75. Penelitian ini merupakan Penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, bahwa Pendekatan Matematika Realistik (PMR) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat sebelum tindakan hasil belajar siswa secara klasikal hanya mencapai 33,33% atau berada pada kategori “Kurang Sekali”. Kemudian setelah menerapkan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) pada siklus I hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 66,67% berada pada kategori “Cukup”. Pada siklus II hasil belajar siswa secara klasikal meningkat menjadi 86,67% berada pada kategori “Amat Baik”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) dapat Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Swasta Sirojuttholibin Simpang Raya Kecamatan Singingi Hilir Kuantan Singingi. Kata Kunci: Pendekatan Matematika Realistik (PMR), Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 21 Jun 2019 04:29 |
Last Modified: | 21 Jun 2019 04:29 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14144 |
Actions (login required)
View Item |