NURFITRIANI (2018) PENGARUH IMPLEMENTASI PENILAIAN PEMBELAJARAN BERBASIS PORTOFOLIO TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMA BABUSSALAM PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018973PAI.pdf Download (644kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018973PAI.pdf Download (531kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018973PAI.pdf Download (456kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018973PAI.pdf Download (348kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018973PAI.pdf Download (257kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018973PAI.pdf Download (546kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018973PAI.pdf Download (761kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018973PAI.pdf Download (525kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018973PAI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018973PAI.pdf Download (399kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018973PAI.pdf Download (312kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh implementasi penilaian pembelajaran berbasis portofolio terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMA Babussalam Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru PAI dan siswa kelas X MIPA dan objek penelitian ini adalah implementasi penilaian pembelajaran berbasis portofolio dan motivasi belajar siswa dalam Pendidikan Agama Islam. Populasi dalam penelitian ini adalah 1 orang guru PAI dan seluruh kelas X MIPA yang berjumlah 87 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Total Sampling. Total sampling adalah mengambil sampel secara keseluruhan karena populasi kurang dari 100. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Observasi, Angket dan Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Korelasi Koefisien Kontingensi yakni untuk mengetahui Pengaruh implementasi penilaian pembelajaran berbasis portofolio terhadap motivasi belajar siswa di SMA Babussalam Pekanbaru. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan penulis pada bab IV, nilai rhitung yaitu 0,317 dan rtabel pada taraf signifikan 5% yaitu 0,205 dan pada taraf signifikan 1% yaitu 0,267 artinya rhitung > rtabel yakni 0,205 < 0,317 > 0,267 dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak, hasil ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara implementasi penilaian pembelajaran berbasis portofolio terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMA Babussalam Pekanbaru. Kemudian, berdasarkan tabel interpretasi “r” , nilai 0,317 berada di antara 0,300 – 0,500 sehingga dapat diketahui pengaruh implementasi penilaian pembelajaran berbasis portofolio terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMA Babussalam Pekanbaru berada dalam kategori Sedang. Kata Kunci: Implementasi, Penilaian Pembelajaran, Portofolio dan Motivasi Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 21 Jun 2019 04:09 |
Last Modified: | 21 Jun 2019 04:09 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14133 |
Actions (login required)
View Item |