Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 37 PEKANBARU

LIZA ANNISA (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 37 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018952PGMI.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018952PGMI.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018952PGMI.pdf

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018952PGMI.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018952PGMI.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018952PGMI.pdf

Download (573kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018952PGMI.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018952PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018952PGMI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (825kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018952PGMI.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018952PGMI.pdf

Download (255kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada tema Lingkungan Sahabat Kita melalui penerapan Concept Sentence di kelas V Sekolah Dasar Negeri 37 Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang tidak mencapai nilai KKM yang telah ditetapkan oleh sekolah yaitu 75. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Sedangkan objeknya adalah penerapan Model Pembelajaran Concept Sentence dan hasil belajar. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis statistik deskriptif dengan presentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukan bahwa penerapan Model Pembelajaran Concept Sentence dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat diketahui sebelum tindakan diperoleh rata-rata hasil belajar siswa hanya mencapai 66,66%, dengan ketuntasan klasikal 47% tergolong “kurang”, setelah dilakukan tindakan, pada siklus I hasil belajar meningkat dengan rata-rata 73,33% dengan ketuntasan klasikal 63,33% tergolong “cukup”. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat dengan rata-rata 81,33% dengan ketuntasan klasikal adalah 83,33% tergolong “sempurna”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Concept Sentence dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 37 Pekanbaru Kata Kunci: Model Pembelajaran Concept Sentence, Hasil Belajar, Tema Lingkungan Sahabat Kita

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 21 Jun 2019 02:28
Last Modified: 21 Jun 2019 02:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14097

Actions (login required)

View Item View Item