Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Peran guru agama islam dalam pengembangan pendidikan karakter siswa Di MTs Negeri SeKecamatan Dumai Selatan Kota Dumai

Suryani (2018) Peran guru agama islam dalam pengembangan pendidikan karakter siswa Di MTs Negeri SeKecamatan Dumai Selatan Kota Dumai. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

Menilik undang-undang Sisdiknas No 20 Tahun 2003 Pasal 3, "Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Fungsi-Fungsi Manajemen Dalam Pelaksanaan Pendidikan Karakter Di Madrasah Tsanawiyah Se-Kecamatan Dumai Selatan kota Dumai " Rumusan Masalah yang diajukan adalah : 1) Bagaimanakah peran guru pendidikan agama islam dalam pengembangan karakter siswa di MTs Se-Kecamatan Dumai Selatan Kota Dumai? 2) Apa saja faktor yang mendukung peran guru pendidikan agama islam dalam pengembangan karakter siswa di MTs Se-Kecamatan Dumai Selatan Kota Dumai? 3) Apa saja faktor yang menghambat peran guru pendidikan agama islam dalam pengembangan karakter siswa di MTs Se-Kecamatan Dumai Selatan Kota Dumai? Analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa kualitatif, yaitu analisis dan interpretasi dilakukan secara kritis. Dengan menggunakan teknik deskriptif analitis yaitu mendeskripsikan maupun mengklasifikasikan data dan kemudian disusul interpretasi terhadap hasil pemikiran Hasil penelitian yang dapat penulis identifikasi adalah; Pertama, peran guru pendidikan agama islam dalam pengembangan karakter siswa di MTs SeKecamatan Dumai Selatan Kota Dumai jika dilihat dari karakteristik manejemen madrasah sebagai tolak ukurnya maka dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan menejemen berbasis madrasah di MTs Se-Kecamatan Dumai Selatan Kota Dumai belum cukup efektif karena belum semua perencanaan dan pengorganisasian terorganisr dengan baik dan sesuai dengan tempatnya. Kedua, Faktor-faktor pendukung bagi pelaksanaan pendidikan karakter belum sesuai dengan peran dan fungsinya dalam pelaksanaan menejemen berbasis madrasah di MTs Se-Kecamatan Dumai Selatan Kota Dumai lebih bersumber pada terjalinnya hubungan yang harmonis antara pihak majlis guru dengan pihak madrasah. Sedangkan faktor-faktor penghambatnya lebih bersumber dari keterbatasan sarana dan prasarana dan juga karena letak geografis MTs Se-Kecamatan Dumai Selatan Kota Dumai yang tidak refresentatif menghambat implementasi pendidikan karakter

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: ?? pddk ??
Divisions: ?? MPI ??
Depositing User: Users 14630 not found.
Date Deposited: 19 Jun 2019 06:41
Last Modified: 19 Jun 2019 06:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/14003

Actions (login required)

View Item View Item