GEMA DIRGANTARA (2018) ANALISIS KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 13 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018878PIPS-E.pdf Download (538kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018878PIPS-E.pdf Download (291kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018878PIPS-E.pdf Download (306kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018878PIPS-E.pdf Download (266kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018878PIPS-E.pdf Download (254kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018878PIPS-E.pdf Download (283kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018878PIPS-E.pdf Download (363kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018878PIPS-E.pdf Download (281kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018878PIPS-E.pdf Restricted to Registered users only Download (570kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018878PIPS-E.pdf Download (266kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018878PIPS-E.pdf Download (258kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan ditemukannya gejala-gejala permasalahan yaitu masih ada guru yang kurang dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dan belum mengembangkan alat atau media secara optimal. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kompetensi profesional guru pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 13 Pekanbaru. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh guru bidang studi ekonomi, sedangkan objek pada penelitian ini adalah analisis kompetensi profesional guru pada mata pelajaran ekonomi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa kompetensi profesional guru pada mata pelajaran Ekonomi di SMAN 13 Pekanbaru yang tergolong baik dengan persentase 74,23%, yang terletak pada interval 61%-80%. Hasil analisis menunjukkan bahwa kompetensi profesional guru pada indikator guru ekonomi memahami materi ajar yang ada dalam kurikulum sekolah tergolong sangat baik, sementara indikator lainnya yaitu memahami struktur, konsep, dan metode keilmuan yang menaungi atau koheren dengan materi ajar, menerapkan konsep-konsep keilmuan dalam kehidupan sehari-hari, memahami hubungan konsep antara mata pelajaran terkait dan penguasaan langkah-langkah penelitian dan kajian kritis untuk memperdalam pengetahuan atau materi bidang studi tergolong baik. Kata Kunci: Kompetensi Profesional dan Guru Ekonomi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 14 Jun 2019 08:31 |
Last Modified: | 14 Jun 2019 08:31 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13897 |
Actions (login required)
View Item |