HUBUNGAN ANTARA POLA KELEKATAN TERHADAP ORANGTUA DENGAN PENYESUAIAN DIRI PADA SISWA DI SEKOLAH DASAR

Dwi Rahmawati Putri, (2018) HUBUNGAN ANTARA POLA KELEKATAN TERHADAP ORANGTUA DENGAN PENYESUAIAN DIRI PADA SISWA DI SEKOLAH DASAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_201893PSI.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_201893PSI.pdf

Download (467kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_201893PSI.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR_201893PSI.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_201893PSI.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_201893PSI.pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_201893PSI.pdf

Download (653kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_201893PSI.pdf

Download (530kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_201893PSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (687kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_201893PSI.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_201893PSI.pdf

Download (279kB) | Preview

Abstract

Kemampuan anak dalam menyesuaikan diri berbeda satu sama lain. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi penyesuaian diri adalah kondisi lingkungan keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola kelekatan (aman, ambigu, menghindar dan tidak teroranisasi/tidak terarah) terhadap orangtua dengan penyesuaian diri pada siswa di sekolah dasar. Subjek dalam penelitian ini siswa/i kelas IV dan V SD Muhammadiyah 03 Unggulan Pekanbaru yang berjumlah 168 orang dengan menggunakan teknik total sampling. Data diperoleh dengan menggunakan dua skala psikologi yaitu skala penyesuaian diri yang dikembangkan berdasarkan empat kriteria penyesuaian diri anak secara sosial oleh Hurlock (2013) dan skala pola kelekatan yang dikembangkan berdasarkan empat aspek pola kelekatan yang dikembangkan oleh Appleyard & Berlin (2007) dan Malekpour (2007) yang berakar dari konsep teori Bowlby. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh siswa/i kelas IV dan V SD Muhammadiyah 03 Unggulan Pekanbaru yang berjumlah 168 orang tergolong pada pola kelekatan aman. Selanjutnya dilakukan analisis korelasi antara pola kelekatan aman dengan penyesuaian diri dan ditemukan korelasi yang positif. Hasil analisis data menunjukkan terdapat hubungan antara pola kelekatan aman terhadap orangtua dengan penyesuaian diri pada siswa di sekolah dasar dengan koefisien korelasi =0,366 dan (p)=0,000. Hal ini menunjukkan semakin tinggi kelekatan aman maka semakin tinggi pula penyesuaian diri pada siswa di sekolah dasar. Sumbangan efektif pola kelekatan aman terhadap penyesuaian diri adalah sebesar 13,4%. Kata Kunci: Penyesuaian Diri, Pola Kelekatan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Mr. Muhammad Arif
Date Deposited: 12 Jun 2019 03:28
Last Modified: 12 Jun 2019 03:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13702

Actions (login required)

View Item View Item