KORELASI ANTARA PELAKSANAAN METODE ISTIQRAIYAH DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN NAHWU DI MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK PESANTREN DAR EL HIKMAH PEKANBARU

CENDRA WAHYUNI, (2018) KORELASI ANTARA PELAKSANAAN METODE ISTIQRAIYAH DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN NAHWU DI MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK PESANTREN DAR EL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018806PBA.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018806PBA.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018806PBA.pdf

Download (573kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018806PBA.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018806PBA.pdf

Download (604kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018806PBA.pdf

Download (655kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018806PBA.pdf

Download (838kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018806PBA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018806PBA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018806PBA.pdf

Download (573kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018806PBA.pdf

Download (522kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian korelasi yang didasari bahwa hasil belajar siswa ada hubungannya dengan metode mengajar guru, salah satunya adalah metode Istiqraiyah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada atau tidak hkorelasi yang signifikan antara pelaksanaan metode Istiqraiyah dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Nahwu di Madrasah Tsanawiyah pondok pesantren Dar El Hikmah Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Nahwu dan siswa di Madrasah Tsanawiyah pondok pesantren Dar El Hikmah Pekanbaru. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah korelasi antara pelaksanaan metode Istiqraiyah dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Nahwu di Madrasah Tsanawiyah pondok pesantren Dar El Hikmah Pekanbaru. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 285 siswa sebanyak 10 kelas. Karena mata pelajaran Nahwu diberikan kepada siswa kelas ‌VIII, maka peneliti memilih pada siswa yang duduk di kelas VIII dengan mengambil sampel 25% yaitu 71 siswa. Adapun teknik pengambilan sampel ini adalah Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Angket digunakan untuk mengetahui pelaksanaan metode Istiqraiyah. Sedangkan dokumentasi digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar siswa, guru, siswa, profil sekolah, dan sebagainya. Dalam penelitian ini data dianalisis dengan teknik Korelasi Product Moment data kelompok untuk sampel besar. Berdasarkan data menunjukkan bahwa nilai rhitung untuk korelasi pelaksanaan metode Istiqraiyah dan variabel hasil belajar siswa sebesar 0,636 lebih besar dari rtabel pada taraf signifikansi 5% = 0,232 maupun pada taraf signifikan 1% = 0,302, maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak yaitu ada korelasi yang signifikan antara pelaksanaan metode Istiqraiyah dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Nahwu di Madrasah Tsanawiyah pondok pesantren Dar El Hikmah Pekanbaru. Kata kunci: Korelasi, Metode Istiqraiyah, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 400 Bahasa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 11 Jun 2019 04:49
Last Modified: 11 Jun 2019 04:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13636

Actions (login required)

View Item View Item