EFEKTIFITAS PERMAINAN TERKA AKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE DENGAR-UCAP UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH BUSTANUL ULUM PEKANBARU

NORMA OKTAWILVIANTI, (2018) EFEKTIFITAS PERMAINAN TERKA AKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE DENGAR-UCAP UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH BUSTANUL ULUM PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018804PBA.pdf

Download (550kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018804PBA.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018804PBA.pdf

Download (912kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018804PBA.pdf

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018804PBA.pdf

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018804PBA.pdf

Download (745kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018804PBA.pdf

Download (771kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018804PBA.pdf

Download (908kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018804PBA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018804PBA.pdf

Download (597kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018804PBA.pdf

Download (431kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektifitas permainan terka aksi dengan menggunakan metode dengar ucap untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa Madrasah Tsanawiyah Bustanul Ulum Pekanbaru. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah “ Apakah permainan terka aksi dengan menggunakan metode dengar ucap efektif untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa Madrasah Tsanawiyah Bustanul Ulum Pekanbaru?”. Penelitian ini dimulai dari memberikan pretest untuk mengetahui keterampilan berbicara siswa, kemudian merancang langkah pembelajaran dengan permainan terka aksi menggunakan metode dengar ucap, observasi, dan terakhir dilakukan posttest. Populasi penelitian adalah siswa Madrasah Tsanawiyah Bustanul Ulum Pekanbaru tahun ajaran 2017/2018, dengan sampel siswa kelas 2 2 Madrasah Tsanawiyah Bustanul Ulum Pekanbaru. Subjek penelitian adalah siswa Madrasah Tsanawiyah Bustanul Ulum Pekanbaru. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah observasi dan test. Teknik analisis data yang dipergunakan untuk menganalisis data observasi adalah analisis deskriptif dengan persentase dengan rumus: 4 dan 2 . Sedangkan rumus yang dipakai untuk menganalisis efektifitas permainan terka aksi dengan menggunakan metode dengar ucap adalah t-test. Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa permainan terka aksi dengan menggunakan metode dengar ucap efektif untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa Madrasah Tsanawaiyah Bustanul Ulum Pekanbaru. Karena nilai To = 4,85 lebih besar dari Tt pada taraf signifikansi 1% = 2.65 dan taraf signifikansi 5% = 2.00, ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain penggunaan permainan terka aksi dengan metode dengar ucap efektif untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa Madrasah Tsanawiyah Bustanul Ulum Pekanbaru. Dan adapun hasil data observasi adalah 97.5%, oleh karna itu berada pada tingkat baik sekali. Kata Kunci: Permainan Terka Aksi, Metode Sam’iyyah Syafawiyah, Keterampilan Berbicara

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 400 Bahasa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 11 Jun 2019 04:02
Last Modified: 11 Jun 2019 04:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13627

Actions (login required)

View Item View Item