PENERAPAN MEDIA KARTU KATA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 011 PULAU JAMBU KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

DESLINA FITRI, (2018) PENERAPAN MEDIA KARTU KATA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 011 PULAU JAMBU KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018778PGMI.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018778PGMI.pdf

Download (527kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018778PGMI.pdf

Download (559kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018778PGMI.pdf

Download (919kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018778PGMI.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018778PGMI.pdf

Download (576kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018778PGMI.pdf

Download (528kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018778PGMI.pdf

Download (547kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018778PGMI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (823kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018778PGMI.pdf

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018778PGMI.pdf

Download (340kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan media kartu kata kelas III Sekolah Dasar Negeri 011 Pulau Jambu Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa diantaranya siswa kurang berinisiatif untuk bertanya, kurang menyimak pelajaran yang disampaikan guru dan hanya beberapa orang siswa yang aktif dalam belajar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah guru dan siswa. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi matematika daun dan hasil belajar. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskripstif dan presentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan media kartu kata dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal ini diketahui sebelum dilakukan tindakan diperoleh rata-rata 55,74% atau berada pada kategori “Kurang”. Kemudian setelah menerapkan media kartu kata pada siklus I aktivitas belajar siswa hanya mencapai 65,37% dengan kategori “Cukup”. Pada siklus II aktivitas belajar siswa menjadi meningkat menjadi 81,10% dengan kategori “Tinggi”. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan media kartu kata dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Kata Kunci: Media Kartu Kata, Aktivitas Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 400 Bahasa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 29 May 2019 03:44
Last Modified: 29 May 2019 03:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13507

Actions (login required)

View Item View Item