NURHASANAH (2018) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PRACTICE-REHEARSAL PAIRS PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS V SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU DARUL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018744PGMI.pdf Download (374kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018744PGMI.pdf Download (370kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018744PGMI.pdf Download (368kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018744PGMI.pdf Download (440kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018744PGMI.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018744PGMI.pdf Download (483kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018744PGMI.pdf Download (505kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018744PGMI.pdf Download (465kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018744PGMI.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018744PGMI.pdf Download (390kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018744PGMI.pdf Download (347kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui Model Practice-Rehearsal Pairs di Kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Darul Hikmah Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa diantaranya, siswa kurang berpartisifasi, siswa kurang mengajukan pertanyaan dan kebanyakan siswa tidak memperhatikan proses pembelajaran.. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penggunaan Model PracticeRehearsal Pairs dan aktivitas belajar siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan aktivitas belajar siswa sebelum tindakan hanya 53,89% dengan kategori Kurang. Kemudian setelah menerapkan Model Practice-Rehearsal Pairs pada siklus I aktivitas belajar siswa hanya mencapai 62,78% dengan kategori Cukup. Pada siklus II aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 80,83% Sangat Baik. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Practice-Rehearsal Pairs dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Model Practice-Rehearsal Pairs, Ilmu Pengetahuan Alam
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 28 May 2019 07:21 |
Last Modified: | 28 May 2019 07:21 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13443 |
Actions (login required)
View Item |