PENGARUH RELIGIUSITAS KELUARGA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KERINCI KANAN

SAWITRI, (2018) PENGARUH RELIGIUSITAS KELUARGA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KERINCI KANAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018728PAI.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018728PAI.pdf

Download (503kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018728PAI.pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018728PAI.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018728PAI.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018728PAI.pdf

Download (448kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018728PAI.pdf

Download (542kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018728PAI.pdf

Download (587kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018728PAI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018728PAI.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018728PAI.pdf

Download (462kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesenjangan religiusitas keluarga terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh religiusitas keluarga terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kerinci Kanan. Subjek penelitian adalah siswa dan objek penelitian adalah pengaruh religiusitas keluarga terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kerinci Kanan. Populasi berjumlah 227 orang siswa, oleh karena jumlah objek terlalu banyak, maka diadakan penarikan sampel 25% dengan jumlah 56 orang siswa. Penarikan sampel dengan menggunakan teknik Stratified Random Sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah religiusitas keluarga sebagai variabel bebas (X) dan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa sebagai variabel terikat (Y). Untuk mengumpulkan data religiusitas keluarga dan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa penulis menggunakan angket. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik angket, observasi dan juga dokumentasi. Dalam penelitian ini data dianalisis dengan menggunakan teknik korelasi product moment. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) Religiusitas keluarga diperoleh angka sebesar 89% atau kepada kategori sangat baik. 2) Motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa diperoleh angka sebesar 79% atau pada kategori baik. 3) Ada pengaruh yang signifikan religiusitas keluarga terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa sebesar 0,861 disini rhitung 0,250<0,861>0,325 rtabel pada taraf 5% maupun pada taraf 1%. Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan religiusitas keluarga terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kerinci Kanan diterima. Ini berarti bahwa semakin baik religiusitas keluarga maka semakin baik pula motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kerinci Kanan, sebaliknya semakin rendah religiusitas keluarga maka semakin rendah pula motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kerinci Kanan. Kata kunci: Religiusitas Keluarga, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 27 May 2019 04:00
Last Modified: 27 May 2019 04:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13414

Actions (login required)

View Item View Item