SAWITRI (2018) PENGARUH RELIGIUSITAS KELUARGA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KERINCI KANAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018728PAI.pdf Download (290kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018728PAI.pdf Download (503kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018728PAI.pdf Download (445kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018728PAI.pdf Download (384kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018728PAI.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018728PAI.pdf Download (448kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018728PAI.pdf Download (542kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018728PAI.pdf Download (587kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018728PAI.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018728PAI.pdf Download (403kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018728PAI.pdf Download (462kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesenjangan religiusitas keluarga terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh religiusitas keluarga terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kerinci Kanan. Subjek penelitian adalah siswa dan objek penelitian adalah pengaruh religiusitas keluarga terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kerinci Kanan. Populasi berjumlah 227 orang siswa, oleh karena jumlah objek terlalu banyak, maka diadakan penarikan sampel 25% dengan jumlah 56 orang siswa. Penarikan sampel dengan menggunakan teknik Stratified Random Sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah religiusitas keluarga sebagai variabel bebas (X) dan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa sebagai variabel terikat (Y). Untuk mengumpulkan data religiusitas keluarga dan motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa penulis menggunakan angket. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik angket, observasi dan juga dokumentasi. Dalam penelitian ini data dianalisis dengan menggunakan teknik korelasi product moment. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) Religiusitas keluarga diperoleh angka sebesar 89% atau kepada kategori sangat baik. 2) Motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa diperoleh angka sebesar 79% atau pada kategori baik. 3) Ada pengaruh yang signifikan religiusitas keluarga terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa sebesar 0,861 disini rhitung 0,250<0,861>0,325 rtabel pada taraf 5% maupun pada taraf 1%. Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan religiusitas keluarga terhadap motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kerinci Kanan diterima. Ini berarti bahwa semakin baik religiusitas keluarga maka semakin baik pula motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kerinci Kanan, sebaliknya semakin rendah religiusitas keluarga maka semakin rendah pula motivasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kerinci Kanan. Kata kunci: Religiusitas Keluarga, Motivasi Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 27 May 2019 04:00 |
Last Modified: | 27 May 2019 04:00 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13414 |
Actions (login required)
View Item |