YUTIKA APRILA (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA ( LKS ) BERBASIS PENDEKATAN BRAIN BASED LEARNING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018727PMT.pdf Download (389kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018727PMT.pdf Download (485kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018727PMT.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018727PMT.pdf Download (454kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018727PMT.pdf Download (263kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018727PMT.pdf Download (684kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018727PMT.pdf Download (556kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018727PMT.pdf Download (920kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018727PMT.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018727PMT.pdf Download (516kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018727PMT.pdf Download (468kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemarnpuan komunikasi matematis siswa SMP. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) matematika dengan pendekatan Brain Based Learning yang valid, praktis, dan efektif untuk memfasilitasi kemarnpuan komunikasi matematis siswa pada materi data dan penyajiannya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis. Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian dilakukan di SMPN 19 Pekanbaru dengan subjek penelitian adalah para ahli materi dan media pembelajaran yang berasal dari kalangan dosen dan guru, serta siswa SMPN 19 Pekanbaru. Sarnpel penelitian adalah kelas VII sebagai kelas eksperimen dan kelas VII4 sebagai kelas kontrol. Objek penelitian adalah LKS matematika dengan pendekatan Brain Based Learning. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan soal tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan kualitas LKS matematika dengan pendekatan Brain Based Learning yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid (87,33%) dan sangat praktis untuk kelompok kecill (85,66%) dan 3 untuk kelompok besar (85,01 %). Sedangkan berdasarkan hasil uji inferensial diperoleh thitung sebesar 2,65 dengan dk=58 dan taraf signifikan 5% atau 0,05 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya terdapat perbedaan hasil tes kemarnpuan komunikasi matematis antara siswa kelas eksperimen dengan rata rata skor postes 80,33 dan siswa kelas kontrol dengan rata-rata skor postes 73,53. Hal tersebut menunjukkan bahwa LKS matematika dengan pendekatan Brain Based Learning ini telah valid, praktis dan efektif dan rnemfasilitasikemampuan komunikasi matematis siswa SMP. Kata Kunci: Pengembangan, Lembar Kerja Siswa, Pendekatan Brain Based Learning, Kemampuan Komunikasl Matematis.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 27 May 2019 03:57 |
Last Modified: | 27 May 2019 03:57 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13413 |
Actions (login required)
View Item |