Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN STRATEGI PERMAINAN PERANG DINDING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 019 PINANG SEBATANG TIMUR KECAMATAN TUALANG KABUPATEN SIAK

DIANA HILDAYANTI (2018) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN STRATEGI PERMAINAN PERANG DINDING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 019 PINANG SEBATANG TIMUR KECAMATAN TUALANG KABUPATEN SIAK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018688PGMI.pdf

Download (920kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018688PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018688PGMI.pdf

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018688PGMI.pdf

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018688PGMI.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018688PGMI.pdf

Download (517kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018688PGMI.pdf

Download (728kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018688PGMI.pdf

Download (571kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018688PGMI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (831kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018688PGMI.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018688PGMI.pdf

Download (467kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 019 Pinang Sebatang Timur Kecamatan Tualang Kabupaten Siak melalui penerapan strategi permainan perang dinding. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang tidak mencapai nilai KKM yang telah ditetapkan oleh sekolah yaitu 70. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah strategi permainan perang dinding dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa penerapan startegi permainan perang dinding dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat sebelum tindakan hasil belajar siswa hanya mencapai 42,10%. Setelah diterapkan strategi permainan perang dinding hasil belajar siswa meningkat pada siklus I hasil belajar siswa mencapai 68,42% dan pada siklus II hasil belajar siswa menjadi 94,74%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi permainan perang dinding dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 019 Pinang Sebatang Timur Kecamatan Tualang Kabupaten Siak. Kata kunci: Strategi, Permainan Perang Dinding, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 24 May 2019 04:13
Last Modified: 24 May 2019 04:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13364

Actions (login required)

View Item View Item