HUBUNGAN PENGGUNAAN METODE RESITASI TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA DI KELAS PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 06 SIAK HULU KABUPATEN KAMPAR

FITRI MAHDARANI, (2018) HUBUNGAN PENGGUNAAN METODE RESITASI TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA DI KELAS PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 06 SIAK HULU KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018667PAI.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018667PAI.pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018667PAI.pdf

Download (619kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018667PAI.pdf

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018667PAI.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018667PAI.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018667PAI.pdf

Download (716kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018667PAI.pdf

Download (582kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018667PAI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (802kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018667PAI.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018667PAI.pdf

Download (384kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini terdiri dari dua variabel, yaitu pengunaan metode resitasi (variabel bebas/independen atau variabel X) dan aktivitas belajar siswa (variabel terikat/dependent atau variabel Y). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh aktivitas belajar sebagian siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang masih rendah, dimana penggunaan metode resitasi telah dilaksanakan oleh guru Pendidikan Agama Islam dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui signifikansi pengaruh penggunaan metode resitasi terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri06 Siak Hulu Kabupaten Kampar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 06 Siak Hulu Kabupaten Kampar. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah pengaruh penggunaan metode resitasi terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalahsiswa kelas VII Sekolah Menengah PertamaNegeri 06 Siak Hulu Kabupaten Kamparyang terdiri dari 3 lokal dengan jumlah siswa40 siswa. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik korelasi product moment. Dari analisis data dapat dilihat bahwa penggunaan metode resitasi di Sekolah Menengah Pertama Negeri 06 Siak Hulu Kabupaten Kampar berada pada kategori “kuat” dengan persentase 74,45 % melalui rekapitulasi hasil angket dan aktivitas belajar siswa berada pada kategori “kuat” dengan persentase 68,64% melalui rekapitulasi hasil angket. Sedangkan berdasarkan hasil analisis statistik dengan menggunakan uji korelasi product moment menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan metode resitasiterhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 06 Siak Hulu Kabupaten Kampar. Hasil ini ditandai dengan nilairhitung = 0,319 bila dibandingkan rtabel pada taraf signifikan 5% (0,319 > 0,312) ini berarti Ha diterima dan H0 ditolak.Besarnya pengaruh metode resitasi terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menegah Pertama Negeri 06 Siak Hulu Kabupaten Kampar adalah sebesar 10,17%. Sedangkan sisanya yaitu 89,83% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak disebutkan dalam penelitian ini. Kata Kunci: Metode Resitasi, Aktivitas Belajar, Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 23 May 2019 04:33
Last Modified: 23 May 2019 04:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13314

Actions (login required)

View Item View Item