RIRIN HERLINA LUBIS (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018649PMT.pdf Download (386kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018649PMT.pdf Download (510kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018649PMT.pdf Download (841kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018649PMT.pdf Download (454kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018649PMT.pdf Download (326kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018649PMT.pdf Download (618kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018649PMT.pdf Download (598kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018649PMT.pdf Download (910kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018649PMT.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018649PMT.pdf Download (453kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018649PMT.pdf Download (417kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Penelitian ini difokuskan pada kemampuan representasi matematis siswa SMP dengan menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) sebagai bahan ajar yang menerapkan model Discovery Learning di dalam kegiatan belajarnya. Masalah yang melatar belakangi penelitian ini adalah kemampuan representasi matematis siswa SMP di Kota Pekanbaru masih kurang baik dan LKS yang ada belum mencakup kemampuan representasi matematis siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar berupa LKS dalam pembelajaran matematika yang valid, praktis,dan efektif, serta dapat memfasilitasi kemampuan representasi matematis siswa pada materi peluang. Penelitian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah 2 Pekanbaru tahun ajaran 2017/2018. Subjek penelitian adalah para ahli materi dan ahli media pembelajaran yang berasal dari dosen dan guru, serta siswa SMP Muhammadiyah 2 Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen yang diterapkan LKS matematika berbasis Discovery Learning serta kelas VIII-3 sebagai kelas kontrol yang diterapkan pembelajaran konvensional. Objek penelitian adalah LKS matematika berbasis Discovery Learning. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan kualitas LKS yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid (81,28%) dan sangat praktis ( untuk kelompok kecil dan sangat praktis ( ) untuk kelompok besar. Berdasarkan hasil penelitian uji efektivitas diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran yang berbasis Discovery Learning terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Nilai rata-rata kelas eksperimen juga lebih tinggi dari nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 75,66 untuk kelas eksperimen dan 69,52 untuk kelas kontrol. Hal tersebut menunjukkan bahwa LKS matematika berbasis Discovery Learning ini telah valid, praktis, efektif dan dapat memfasilitasi kemampuan representasi matematis siswa. Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa (LKS), Model Discovery Learning, Kemampuan Representasi Matematis
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 22 May 2019 07:55 |
Last Modified: | 22 May 2019 07:55 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13267 |
Actions (login required)
View Item |