MISNAN SUHADA (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS GENERATIVE LEARNING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018647PMT.pdf Download (294kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018647PMT.pdf Download (487kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018647PMT.pdf Download (784kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018647PMT.pdf Download (450kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018647PMT.pdf Download (257kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018647PMT.pdf Download (430kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018647PMT.pdf Download (674kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018647PMT.pdf Download (615kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018647PMT.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018647PMT.pdf Download (441kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018647PMT.pdf Download (407kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Lembar Kerja Siswa berbasis generative learning yang valid, praktis, dan efektif serta mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah menggunakan Lembar Kerja Siswa berbasis generative learning. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4-D (Define, Design, Development, Disemminate). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 8 Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Pekanbaru dan objek penelitian ini adalah Lembar Kerja Siswa berbasis generative learning. Instrumen pengumpulan data berupa uji validitas, uji tingkat kepraktisan dan soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Berdasarkan uji validitas, LKS matematika berbasis generative learning dinyatakan sangat valid dengan persentase tingkat kevalidan 86,46%. Berdasarkan uji tingkat kepraktisan, LKS matematika berbasis generative learning dinyatakan sangat praktis dengan tingkat kepraktisan 89,18%. Sedangkan thitung 3,77 dan nilai ttabel 1,67 pada taraf signifikan 5% sebesar maka thitung ttabel atau 3,77 1,67, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan pemecahan masalah matematis antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal tersebut menunjukkan bahwa LKS matematika berbasis generative learning ini telah valid, praktis dan efektif dalam memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis. Dengan demikian, LKS berbasis generative learning dapat digunakan sebagai bahan ajar untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa, Generative Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 22 May 2019 07:50 |
Last Modified: | 06 Jul 2019 08:18 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13264 |
Actions (login required)
View Item |