NURHAYATI HASIBUAN (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INTEGRATIF TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI PENGETAHUAN AWAL MATEMATIKA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH ISLAMIC CENTRE AL-HIDAYAH KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018625PMT.pdf Download (306kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018625PMT.pdf Download (523kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018625PMT.pdf Download (922kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018625PMT.pdf Download (452kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018625PMT.pdf Download (267kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018625PMT.pdf Download (557kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018625PMT.pdf Download (755kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018625PMT.pdf Download (802kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018625PMT.pdf Restricted to Registered users only Download (840kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018625PMT.pdf Download (449kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018625PMT.pdf Download (482kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran integratif terhadap kemampuan penalaran matematis ditinjau dari pengetahuan awal matematika siswa Madrasah Tsanawiyah Kampar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Islamic Centre Al-hidayah Kampar tahun ajaran 2017/2018. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen dan VII-2 sebagai kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan adalah The Nonequivalent PretestPosttest Control Group Design. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan anova dua arah (two way anova). Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis antara siswa yang mengikuti model pembelajaran integratif dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional. 2) Terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa jika ditinjau dari pengetahuan awal matematika siswa. 3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran integratif dan pengetahuan awal matematika terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Kata Kunci: Model Pembelajaran Integratif, Kemampuan Penalaran Matematis, Pengetahuan Awal Matematika
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 22 May 2019 01:49 |
Last Modified: | 22 May 2019 01:49 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13238 |
Actions (login required)
View Item |