YUNI PUSPITA SARI (2018) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PAIRED STORYTELLING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA MATA PELAJARANBAHASA INDONESIA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 08 PINANG SEBATANG TIMUR KECAMATANTUALANG KABUPATEN SIAK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018589PGMI.pdf Download (280kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018589PGMI.pdf Download (341kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018589PGMI.pdf Download (430kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018589PGMI.pdf Download (376kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018589PGMI.pdf Download (316kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018589PGMI.pdf Download (476kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018589PGMI.pdf Download (534kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018589PGMI.pdf Download (454kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018589PGMI.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018589PGMI.pdf Download (330kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018589PGMI.pdf Download (323kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui penggunaan strategi Paired Storytelling kelas V Sekolah Dasar Negeri 08 Pinang Sebatang Timur Kecamatan Tualang Kabupaten Siak. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya nilai keterampilan berbicara siswa diantaranya kurang tepat dalam pemilihan diksi dan menggunakan intonasi yang kurang jelas. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 guru dan 28 siswa Sekolah Dasar Negeri 08 Pinang Sebatang Timur Kecamatan Tualang Kabupaten Siak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan analisis statistic deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa strategi Paired Storytelling dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Hal ini dapat diketahui pada sebelum tindakan keterampilan berbicara siswa mencapai 51,78% dengan kategori kurang tinggi, setelah dilakukan tindakan pada siklus I keterampilan berbicara siswa mencapai 75,89% dengan kategori cukup tinggi. Pada siklus II keterampilan berbicara siswa meningkat menjadi 84,52% dengan kategori tinggi. Dengan demikian strategi Paired Storytelling dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas V Sekolah Dasar Negeri 08 Pinang Sebatang Timur Kecamatan Tualang Kabupaten Siak tahun pelajaran 2017-2018. Kata Kunci: Strategi Paired Storytelling, Keterampilan Berbicara, Bahasa Indonesia.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 21 May 2019 02:42 |
Last Modified: | 21 May 2019 02:42 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13191 |
Actions (login required)
View Item |