Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH

NUR FADILLAH HASANAH ZAINAL (2018) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018583PMT.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018583PMT.pdf

Download (921kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018583PMT.pdf

Download (672kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018583PMT.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018583PMT.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018583PMT.pdf

Download (561kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018583PMT.pdf

Download (603kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018583PMT.pdf

Download (820kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018583PMT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (719kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018583PMT.pdf

Download (522kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018583PMT.pdf

Download (465kB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir kritis matematika merupakan komponen kemampuan pembelajaran yang harus dimiliki oleh siswa, maka diperlukan suatu penelitian dengan pendekatan pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang menggunakan pendekatan Open Ended dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional di Madrasah Tsanawiyah PP. Assalam Naga Beralih Kampar. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperiment dengan menggunakan The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah PP. Assalam Naga Beralih Kampar. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Sampel penelitian siswa kelas VIII D sebagai kelas kontrol dan siswa kelas VIII C sebagai kelas eksperimen. Berdasarkan uji t pada taraf 5% menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel (2,068 > 2,021), artinya terdapat perbedaan diantara kedua kelas tersebut, perolehan rata-rata kelas ekperimen lebih baik daripada rata-rata kelas kontrol, yaitu 88,333 kelas eksperimen dan 82,708 kelas kontrol. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa yang belajar pendekatan Open Ended lebih baik dibandingkan pembelajaran konvensional. Sehingga pendekatan Open Ended ini dapat dijadikan sebagai salah satu pendekatan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Kata Kunci: Pembelajaran Matematika, Pendekatan Open Ended, Kemampuan Berpikir Kritis Matematika, Quasi Experiment, Siswa Madrasah Tsanawiyah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 07 May 2019 03:05
Last Modified: 07 May 2019 03:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13120

Actions (login required)

View Item View Item