Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI PENGETAHUAN AWAL SISWA SMP NEGERI 3 TAMBANG KABUPATEN KAMPAR

LINDA RAHMAN (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI PENGETAHUAN AWAL SISWA SMP NEGERI 3 TAMBANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018560PMT.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018560PMT.pdf

Download (532kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018560PMT.pdf

Download (786kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018560PMT.pdf

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018560PMT.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018560PMT.pdf

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018560PMT.pdf

Download (606kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018560PMT.pdf

Download (702kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018560PMT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (804kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018560PMT.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018560PMT.pdf

Download (410kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis Quasi Eksperimen dan bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model discovery learning terhadap kemampuan penalaran matematis ditinjau dari pengetahuan awal siswa SMP Negeri 3 Tambang Kabupaten Kampar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tambang tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 202 siswa dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII4 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan uji t, uji korelasi (pearson product moment) dan anova dua jalan. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis antara siswa yang diterapakan model discovery learning dengan siswa yang tidak diterapkan model discovery learning. Pengujian hipotesis bahwa terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hasilnya diperoleh dan pada taraf signifikan . Maka nilai yang berarti diterima. 2) Adanya kontribusi yang diberikan pengetahuan awal siswa terhadap kemampuan penalaran matematis yakni dan sisanya ditentukan oleh faktor lain. 3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan pengetahuan awal terhadap kemampuan penalaran matematis siswa yakni=1,84 dan nilai yang berarti diterima. Berdasarkan pemaparan tersebut, secara umum pembelajaran dengan model discovery learning berpengaruh terhadap kemampuan penalaran matematis. sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII2 Kata Kunci: Model Discovery Learning, Kemampuan Penalaran Matematis, Pengetahuan Awal Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 06 May 2019 06:48
Last Modified: 06 May 2019 06:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13093

Actions (login required)

View Item View Item