Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PROBING-PROMPTING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 TAMBANG

NISFUL LAILI (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PROBING-PROMPTING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 3 TAMBANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada permasalahan rendahnya kemampuan Penalaran matematis siswa dan bahan ajar yang digunakan dalam proses pembelajaran kurang sesuai dengan kebutuhan siswa. Upaya penyelesaian dari permasalahan tersebut dilakukan penelitian dengan mengembangkan Lembar Kerja Siswa berbasis Probing-Prompting. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa berbasisProbing-Promptingyang valid dan praktis serta melihat perbedaan kemampuan penalaran matematis antara siswa yang menggunakan Lembar Kerja Siswa berbasis Probing-Promptingdengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Tambang. Subjek penelitian adalah 8 siswa kelompok kecil, dan kelas VIII.7 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.5 sebagai kelas kontrol. Jenis data berupa data kuantitatif dan kualitatif. Instrumen pengumpulan data berupa angket uji validitas, angket praktikalitas dan soal tes. Lembar Kerja Siswa berbasis Probing-Prompting ini telah valid, praktis dan dapat memfasilitasi kemampuan penalaran matematis siswa. Hal ini dapat dilihat dari uji validitas, uji praktikalitas dan dari hasil tes kemampuan penalaran matematis. Berdasarkan uji validitas, Lembar Kerja Siswa berbasis ProbingPromptingdinyatakan sangat valid dengan tingkat persentase 86,2%. Berdasarkan uji praktikalitas, Lembar Kerja Siswa berbasis Probing-Promptingdinyatakan sangat praktis dengan tingkat persentase kelompok kecil 88,91% dan tingkat persentase pada kelompok besar 89,25%. Sedangkan berdasarkan tes kemampuan penalaran matematis, diperoleh nilai sebesar 2,611 dan nilai pada taraf signifikan sebesar 2,00 maka atau, sehingga diterimadan ditolak. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan penalaran matematis antara siswa kelas eksperimen yang menggunakan Lembar Kerja Siswa berbasis Probing-Promptingdengan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa, Probing-Prompting, Kemampuan Penalaran Matematis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? smp ??
Divisions: ?? sch_geo ??
Depositing User: Users 14151 not found.
Date Deposited: 02 May 2019 03:41
Last Modified: 02 May 2019 03:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/13042

Actions (login required)

View Item View Item