Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 6 PEKANBARU

FARADILA (2018) AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 6 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendekatan saintifik merupakan suatu pendekatan yang digunakan dalam kurikulum 2013 yang bertujuan untuk mengembangkan aktivitas belajar siswa sehingga siswa lebih aktif. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui aktivitas belajar siswa melalui pendekatan saintifik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Pekanbaru dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Rumusan masalah penelitian, bagaimanakah aktivitas belajar siswa melalui pendekatan saintifik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Pekanbaru dan apa faktor-faktor yang mempengaruhi aktivitas belajar siswa melalui pendekatan saintifik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa yang beragama Islam berjumlah 538 orang. Sampelnya sebesar 15% atau 80 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian menggunakan deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar siswa melalui pendekatan saintifik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Pekanbaru adalah “Baik” dengan persentase 65.62%. Faktor-faktor yang mempengaruhinya adalah faktor internal yaitu rasa percaya diri, rasa ingin tahu, motivasi belajar, kebiasaan belajar sedangkan faktor eksternal yaitu motivasi dari guru, motivasi dari teman sebaya, lingkungan kelas, kurikulum sekolah dan fasilitas sekolah. Kata Kunci: Aktivitas Belajar Siswa, Pendekatan Saintifik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? 371.3 ??
Divisions: ?? sch_che ??
Depositing User: Users 14151 not found.
Date Deposited: 30 Apr 2019 04:35
Last Modified: 30 Apr 2019 04:35
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12965

Actions (login required)

View Item View Item