Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 6 PEKANBARU

FARADILA (2018) AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 6 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018500PAI.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018500PAI.pdf

Download (552kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018500PAI.pdf

Download (490kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018500PAI.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018500PAI.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018500PAI.pdf

Download (494kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018500PAI.pdf

Download (575kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018500PAI.pdf

Download (540kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018500PAI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (878kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018500PAI.pdf

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018500PAI.pdf

Download (334kB) | Preview

Abstract

Pendekatan saintifik merupakan suatu pendekatan yang digunakan dalam kurikulum 2013 yang bertujuan untuk mengembangkan aktivitas belajar siswa sehingga siswa lebih aktif. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui aktivitas belajar siswa melalui pendekatan saintifik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Pekanbaru dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Rumusan masalah penelitian, bagaimanakah aktivitas belajar siswa melalui pendekatan saintifik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Pekanbaru dan apa faktor-faktor yang mempengaruhi aktivitas belajar siswa melalui pendekatan saintifik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa yang beragama Islam berjumlah 538 orang. Sampelnya sebesar 15% atau 80 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian menggunakan deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar siswa melalui pendekatan saintifik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Pekanbaru adalah “Baik” dengan persentase 65.62%. Faktor-faktor yang mempengaruhinya adalah faktor internal yaitu rasa percaya diri, rasa ingin tahu, motivasi belajar, kebiasaan belajar sedangkan faktor eksternal yaitu motivasi dari guru, motivasi dari teman sebaya, lingkungan kelas, kurikulum sekolah dan fasilitas sekolah. Kata Kunci: Aktivitas Belajar Siswa, Pendekatan Saintifik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 30 Apr 2019 04:35
Last Modified: 30 Apr 2019 04:35
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12965

Actions (login required)

View Item View Item