SYAFI’ATUL KHOIRIYAH (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) MELALUI PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI STRUKTUR ATOM DAN SISTEM PERIODIK UNSUR DI KELAS XI IPA MADRASAH ALIYAH NEGERI DUMAI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018460PK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018460PK.pdf Download (483kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018460PK.pdf Download (805kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018460PK.pdf Download (532kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018460PK.pdf Download (262kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018460PK.pdf Download (851kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018460PK.pdf Download (798kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018460PK.pdf Download (694kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018460PK.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018460PK.pdf Download (400kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018460PK.pdf Download (546kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran kimia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining melalui pendekatan Scientific terhadap hasil belajar kimia siswa pada materi struktur atom dan sistem periodik unsur di kelas XI IPA Madrasah Aliyah Negeri Dumai. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain PretestPosttest. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA tahun ajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling dan diperoleh kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes dalam bentuk uji homogenitas sebagai data awal pada materi sebelumnya, pretest dan posttest sebagai data akhir, dokumentasi dan observasi. Analisis data akhir pada penelitian ini dihitung dengan menggunakan uji “t”. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 1,835 dan ttabel = 2,008 pada taraf signifikan 5%. Hal ini menunjukkan bahwa thitung ≤ ttabel sehingga Ho diterima dan Ha ditolak, yang artinya ada pengaruh penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining melalui pendekatan Scientific terhadap hasil belajar kimia siswa kelas XI IPA pada pokok bahasan struktur atom dan sistem periodik unsur di Madrasah Aliyah Negeri Dumai. Nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 85,4 sedangkan kelas kontrol memiliki nilai rata-rata posttest sebesar 74,44. Hal ini dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar kimia siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Kata Kunci: Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining, Pendekatan Scientific, Hasil Belajar, Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 26 Apr 2019 03:22 |
Last Modified: | 26 Apr 2019 03:22 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12893 |
Actions (login required)
View Item |