Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA HAND OUT TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI IPA MADRASAH ALIYAH DARUL HIKMAH PEKANBARU

NOPITA SARI (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA HAND OUT TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI IPA MADRASAH ALIYAH DARUL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keunggulan dari model pembelajaran cooperative Integrated reading and Composition (CIRC) yang dibantu dengan Media Hand Out dan diikuti dengan rendahnya hasil belajar kimia siswa kelas XI IPA MA Darul Hikmah Pekanbaru yang masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan Menggunakan Media Hand Out Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik pengambilan sampel jenuh. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu, data awal yang diambil dari nilai materi sebelumnya dan data akhir diambil dari selisih pretest dan posttest kedua kelas. Data awal dan data akhir dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai thitung= 0,344 dan ttabel = 2,05 ini menunjukkan bahwa thitung ≤ ttabel, yang berarti menunjukkan H0 diterima dan Ha ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif CIRC ini yang dibantu dengan media hand out memberikan pengaruh yang positif terhadap hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan Koloid di kelas XI IPA MA (Madrasah Aliyah) Darul Hikmah Pekanbaru. Kata Kunci: Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition, Media Hand Out, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? 371.3 ??
Divisions: ?? sch_phy ??
Depositing User: Users 14151 not found.
Date Deposited: 26 Apr 2019 03:16
Last Modified: 26 Apr 2019 03:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12891

Actions (login required)

View Item View Item