Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 163 PEKANBARU

BONITA IRANI (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA PADA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 163 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja siswa berbasis model problem based learning yang valid dan praktis untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang masih tergolong rendah serta lembar kerja siswa yang digunakan kurang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R & D (Reseach and Development) dengan menggunakan model 4-D (Define, Design, Development and Dissemination). Subjek penelitian adalah 39 orang siswa kelas V.C dan objek penelitian adalah lembar kerja siswa matematika berbasis model problem based learning. Jenis data yang yang diambil dalam penelitian ini adalah data primer, yaitu data yang diperoleh langsung dari wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Instrument pengumpulan data berupa instrumen uji validitas, instrumen uji praktikalitas dan instrument soal pretest dan postest kemampuan pemecahan masalah matematis. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, disimpulkan bahwa tingkat validitas lembar kerja siswa ini valid dengan persentase 86,92%, dan sudah layak diujicobakan. Setelah dilakukan uji coba, tingkat praktikalitasnya dikategorikan sangat praktis dengan persentase 95,6%. Kemudian hasil analisis tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah menggunakan lembar kerja siswa secara umum dikategorikan tinggi dengan persentase 83,06%, artinya siswa telah mampu menyelesaikan masalah secara menyeluruh. Kata kunci: Lembar Kerja Siswa, Model Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? 371.3 ??
Divisions: ?? tk_mi ??
Depositing User: Users 14151 not found.
Date Deposited: 26 Apr 2019 02:59
Last Modified: 26 Apr 2019 02:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12886

Actions (login required)

View Item View Item