Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PROBING-PROMPTING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMA NEGERI 1 ROKAN IV KOTO

AYU FITRI HANDAYANI (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PROBING-PROMPTING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMA NEGERI 1 ROKAN IV KOTO. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan representasi matematis siswa SMA. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar kerja siswa (LKS) matematika berbasis Probing-Prompting yang valid, praktis dan efektif untuk memfasilitasi kemampuan representasi matematis siswa pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE ( Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian dilakukan di SMAN 1 Rokan IV Koto dengan subjek penelitian adalah para ahli materi dan media pembelajaran yang berasal dari kalangan dosen dan guru, serta siswa SMAN 1 Rokan IV Koto. Sampel penelitian adalah kelas x ipa 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas ipa 2 sebagai kelas kontrol. Objek penelitian adalah LKS matematika berbasis Probing-Prompting . instrumen pengumpulan data berupa angket dan soal tes. Data yang diperoleh di analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan kualitas LKS matematika berbasis Probing-Prompting yang dikembangka tergolong dalam kategori sangat valid (88,13%), praktis (94,73% untuk kelompok kecil dan 90,11% untuk kelompok besar). Sedangkan berdasarkan hasil uji inferensial diperoleh dengan dk = 47 dan taraf signifikan 5% atau 0,05 sehingga sehingga diterima dan ditolak. Artinya terdapat perbedaan hasil tes kemampuan representasi matematis antara siswa kelas eksperimen dengan rata-rata skor posttes 82,4 dan siswa dengan kelas kontrol dengan rata-rata skor postes 63,75. Hal tersebut menunjukkan bahwa LKS matematika berbasis Probing-Prompting ini telah valid,praktis dan efektif. Kata Kunci: LKS, Model Pembelajaran Probing-Prompting, Kemampuan Representasi Matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: ?? 371.3 ??
Divisions: ?? sch_geo ??
Depositing User: Users 14151 not found.
Date Deposited: 24 Apr 2019 04:49
Last Modified: 24 Apr 2019 04:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12854

Actions (login required)

View Item View Item