Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS BERDASARKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI PLUS PROVINSI RIAU

WITRI MARSINIA (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS BERDASARKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI PLUS PROVINSI RIAU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018414PMT.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018414PMT.pdf

Download (687kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018414PMT.pdf

Download (740kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018414PMT.pdf

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018414PMT.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018414PMT.pdf

Download (768kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018414PMT.pdf

Download (718kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018414PMT.pdf

Download (933kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018414PMT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (825kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018414PMT.pdf

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018414PMT.pdf

Download (474kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya fakta dilapangan yang menunjukkan masih terdapat siswa SMA Negeri Plus Provinsi Riau yang belum optimal memiliki kemampuan berpikir kreatif. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki ada tidaknya perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis antara siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi, sedang dan rendah serta melihat ada tidaknya interaksi antara model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dengan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimental dengan desain randomized control group pretest-pascatest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MS semester genap SMA Negeri Plus Provinsi Riau tahun ajaran 2017/2018. Sampel yang diambil secara acak adalah kelas X MS 2 dan X MS 4. Analisis data yang digunakan untuk hipotesis 1 menggunakan uji-t sedangkan untuk hipotesis 2 dan 3 menggunakan anova dua arah. Hasil analisis data dengan menggunakan uji t menunjukkan nilai sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional di SMA Negeri Plus Provinsi Riau. Hasil analisis data dengan menggunakan anova dua arah menunjukan dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis antara siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi, sedang dan rendah di SMA Negeri Plus Provinsi Riau. Sedangkan untuk interaksi sehingga dapat ditunjukan bahwa tidak terdapat interaksi faktor kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Kata Kunci: Model Pembelajaran PBI, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Kemandirian Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 24 Apr 2019 04:24
Last Modified: 24 Apr 2019 04:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12845

Actions (login required)

View Item View Item