SURI LESMI (2018) PENERAPAN STRATEGI DISKUSI STIX UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 001 SAWAH KECAMATAN KAMPAR UTARA KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018373PGMI.pdf Download (339kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018373PGMI.pdf Download (504kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018373PGMI.pdf Download (430kB) | Preview |
|
|
Text
4. DAFTAR ISI_2018373PGMI.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB I_2018373PGMI.pdf Download (366kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB II_2018373PGMI.pdf Download (469kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB III_2018373PGMI.pdf Download (557kB) | Preview |
|
Text
8. BAB IV_2018373PGMI.pdf Restricted to Registered users only Download (844kB) |
||
|
Text
9. BAB V_2018373PGMI.pdf Download (333kB) | Preview |
|
|
Text
10. DAFTAR PUSTAKA_2018373PGMI.pdf Download (405kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui penerapan strategi diskusi stix di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 001 Sawah Kampar Utara. Dilatarbelakangi oleh rendahnya keaktifan belajar siswa diantaranya siswa kurang berinisiatif untuk bertanya, kurang menjawab pertanyaan guru dan kurang mengerjakan tugas yang diberikan guru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah guru dan siswa. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan strategi diskusi stix dan keaktifan belajar. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis statistik deskriptif dan persentase. Berdasarkan hasil penelitian analisis data menunjukkan keaktifan belajar siswa sebelum tindakan hanya 70%. Kemudian setelah menerapkan strategi diskusi stix pada siklus I pertemuan 1 keaktifan belajar siswa hanya 73,33%. Kemudian meningkat menjadi 76,67%. Pada siklus II keaktifan belajar siswa hanya 81,67%. Kemudian meningkat menjadi 86,67%. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi diskusi stix dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dikelas IV Sekolah Dasar Negeri 001 Sawah Kecamatan Kampar Utara Kabupaten Kampar. Kata Kunci: Strategi Diskusi Stix, Keaktifan, Ilmu Pengetahuan Alam
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 23 Apr 2019 04:43 |
Last Modified: | 23 Apr 2019 04:43 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12801 |
Actions (login required)
View Item |