DITA WIDIANA (2018) PEMBERDAYAAN GURU DALAM MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU SEKOLAH DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 40 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018350KI.pdf Download (295kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018350KI.pdf Download (455kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018350KI.pdf Download (487kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018350KI.pdf Download (330kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018350KI.pdf Download (400kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018350KI.pdf Download (490kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018350KI.pdf Download (548kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018350KI.pdf Download (451kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018350KI.pdf Restricted to Registered users only Download (795kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018350KI.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018350KI.pdf Download (405kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pemberdayaan guru dalam manajemen peningkatan mutu sekolah di Sekolah Menengah Pertama Negeri 40 Pekanbaru, (2) Untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi pemberdayaan guru dalam manajemen peningkatan mutu sekolah di Sekolah Menengah Pertama Negeri 40 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, subjek penelitian ini ialah kepala sekolah, guru, dan kepala tata usaha, sedangkan objek penelitian ini adalah pemberdayaan guru dalam manajemen peningkatan mutu sekolah di Sekolah Menengah Pertama Negeri 40 Pekanbaru. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data dengan menggunakan transkripsi, pengkodean dan kategorisasi, dan interpretasi data. Adapun hasil dari penelitian ini adalah pertama, kepala sekolah sudah melakukan pemberdayaan kepada guru untuk meningkatkan mutu sekolah, namun belum di dukung dengan perlengkapan yang memadai. Pemberdayaan tersebut dengan cara: Mengikutsertakan guru-guru pada kegiatan MGMP dengan diberikannya jam kosong satu hari pada guru tersebut dalam satu minggu, mengikutsertakan seminar dan workshop berdasarkan bidang mereka, melibatkan guru dalam kegiatan pengembangan diri siswa, memberikan wewenang dan tanggung jawab berdasarkan kesepakatan bersama, dilibatkannya guru dalam pengambilan keputusan dengan cara voting, memberikan pelatihan sesuai bidang dan porsi guru, memotivasi guru di dalam rapat, melakukan evaluasi dengan supervisi di kelas dan mengontrol daftar hadir baik jam datang maupun jam pulang, melakukan kerja sama dengan selalu berkoordinasi, penghargaan berupa pujian, pengarahan dilakukan di dalam rapat, dan menerapkan sanksi bagi guru yang tidak disiplin. Kedua, faktor yang mempengaruhi pemberdayaan guru dalam manajemen peningkatan mutu sekolah yaitu, kepemimpinan kepala sekolah, faktor guru, dan sarana prasarana yang tidak memadai. Kata Kunci : Pemberdayaan Guru, Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 09 Apr 2019 08:08 |
Last Modified: | 09 Apr 2019 08:08 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12749 |
Actions (login required)
View Item |