PERBANDINGAN MINAT BELAJAR FIQIH SISWA BERLATAR BELAKANG PENDIDIKAN TSANAWIYAH DENGAN SISWA BERLATAR BELAKANG SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI MADRASAH ALIYAH DAR EL HIKMAH PEKANBARU

ABDUL HADI LUBIS, (2018) PERBANDINGAN MINAT BELAJAR FIQIH SISWA BERLATAR BELAKANG PENDIDIKAN TSANAWIYAH DENGAN SISWA BERLATAR BELAKANG SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI MADRASAH ALIYAH DAR EL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
1. COVER_2018325PAI.pdf

Download (295kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN_2018325PAI.pdf

Download (312kB)
[img] Text
3. ABSTRAK_2018325PAI.pdf

Download (312kB)
[img] Text
4. PENGHARGAAN_2018325PAI.pdf

Download (295kB)
[img] Text
5. DAFTAR ISI_2018325PAI.pdf

Download (265kB)
[img] Text
6. BAB I_2018325PAI.pdf

Download (299kB)
[img] Text
7. BAB II_2018325PAI.pdf

Download (373kB)
[img] Text
8. BAB III_2018325PAI.pdf

Download (278kB)
[img] Text
9. BAB IV_2018325PAI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB)
[img] Text
10. BAB V_2018325PAI.pdf

Download (262kB)
[img] Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018325PAI.pdf

Download (267kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya gejala-gejala yang menunjukkan bahwa adanya perbedaan minat belajar siswa yang berlatar belakang dari Madrasah Tsanawiyah (MTs) dengan siswa yang berlatar belakang dari Sekolah Menengah Pertama (SMP ) di Madrasah Aliyah Dar El Hikmah Pekanbaru pada mata pelajaran fiqih. Hal ini terlihat ketika penulis melakukan studi pendahuluan di Madrasah Aliyah Dar El Hikmah Pekanbaru. Rumusan masalah penelitian ini adalah untuk mengatahui ada tidaknya perbandingan signifikan minat belajar fiqih yang berlatar belakang pendidikan Madrasah Tsanawiyah dengan siswa berlatar belakang pendidikan Sekolah Menengah Pertama Di Madrasah Aliyah Dar El Hikmah Pekanbaru. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X sedangkan, Objek penelitian ini adalah minat belajar siswa yang berlatar belakang Pendidikan Tsanawiyah dengan siswa Sekolah Menengah Pertama dalam mengikuti pelajaran fiqih. Kemudian sampel diambil 23 siswa yang berlatar belakang pendidikan Tsanawiyah dengan 23 siswa yang berlatar pendidikan Sekolah Menengah Pertama yang berjumlah 46 siswa. Penarikan sampel menggunakan tehnik Provusive sampling dan Random sampling. Penelitian ini termasuk penelitian komparatif. Data akan di analisis dengan menggunakan rumus Chi Kuadrat. Berdasarkan hasil penyajian data dan analisis tentang minat belajar fiqih dapat disimpulkan bahwa terdapat perbandingan yang signifikan minat belajar fiqih siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) lebih baik dibandingkan siswa berlatar belakang pendidikan MadrasahTsanawiyah (MTs) Di Madrasah Aliyah Dar El Hikmah Pekanbaru. Hal ini dapat dilihat dari hasil dapat dilihat dari hasil taraf signifikan 5% maupun pada taraf signifikan 1 % (3,841<8,712>6,635). Kata kunci : Minat Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 08 Apr 2019 07:41
Last Modified: 08 Apr 2019 07:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12708

Actions (login required)

View Item View Item