INES YUWANDARI (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 164 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018323PGMI.pdf Download (775kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018323PGMI.pdf Download (337kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018323PGMI.pdf Download (391kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018323PGMI.pdf Download (364kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018323PGMI.pdf Download (299kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018323PGMI.pdf Download (377kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018323PGMI.pdf Download (387kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018323PGMI.pdf Download (406kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018323PGMI.pdf Restricted to Registered users only Download (725kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018323PGMI.pdf Download (330kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018323PGMI.pdf Download (300kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika dengan menggunakan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining di Kelas V Sekolah Dasar Negeeri 164 Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan sekolah yaitu 75.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran student facilitator and explaining dan hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari 2018 yang dilakukan dalam dua siklus setiap siklus dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan persentase.Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa model pembelajaran student facilitator and explaining dapat meningkatkan hasil belajar. Hal ini dapat dilihat hasil belajar siswa sebelum tindakan hanya mencapai rata-rata 68,61 dengan ketuntasan klasikal 47,22% atau tergolong “Kurang”. Setelah menerapkan model pembelajaran student facilitator and explaining pada siklus I hasil belajar siswa meningkat dengan rata-rata 73,88 dengan ketuntasan klasikal 66,66% atau tergolong “Cukup”. Pada siklus II hasil belajar siswa semakin meningkat dengan rata-rata 80,27 dengan ketuntasan klasikal 86,11% atau tergolong “Sempurna”. Dengan demikian model pembelajaran student facilitator and explaining sudah mencapai indikator keberhasilan yang diharapkan.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Matematika di Sekolah Dasar Negeri 164 Pekanbaru. Jadi model pembelajaran student facilitator and explaining berhasil diterapkan di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 164 Pekanbaru. Kata kunci : Model pembelajaran, student facilitator and explaining, hasil belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 07:28 |
Last Modified: | 08 Apr 2019 07:28 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12704 |
Actions (login required)
View Item |