SAHARA MEISYA (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS MODEL-ELICITING ACTIVITIES UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018291PMT.pdf Download (636kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018291PMT.pdf Download (315kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018291PMT.pdf Download (536kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018291PMT.pdf Download (596kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018291PMT.pdf Download (329kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018291PMT.pdf Download (713kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018291PMT.pdf Download (487kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018291PMT.pdf Download (674kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018291PMT.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018291PMT.pdf Download (421kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018291PMT.pdf Download (344kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa SMP. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) matematika berbasis Model-Eliciting Activities (MEAs) yang valid, praktis, dan efektif untuk memfasilitasi kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi kubus dan balok. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Penelitian dilakukan di SMPN 1 Rambatan dengan subjek penelitian adalah para ahli materi dan ahli media pembelajaran yang berasal dari dosen dan guru, serta siswa SMPN 1 Rambatan. Sampel penelitian adalah kelas VIII sebagai kelas kontrol. Objek penelitian adalah LKS matematika berbasis MEAs. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan soal tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan kualitas LKS matematika berbasis MEAs yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid (92,92%) dan sangat praktis (94,55% untuk kelompok kecil dan 95,81% untuk kelompok besar). Sedangkan berdasarkan hasil uji inferensial diperoleh bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan komunikasi matematis antara siswa kelas eksperimen dan siswa kelas kontrol. Hal tersebut menunjukkan bahwa LKS matematika berbasis MEAs ini telah valid, praktis dan efektif. Kata Kunci: Pengembangan, Lembar Kerja Siswa, Model Eliciting Activities (MEAs), Kemampuan Komunikasi Matematis
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 05 Apr 2019 03:23 |
Last Modified: | 05 Apr 2019 03:23 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12641 |
Actions (login required)
View Item |