EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU AL-IHSAN BOARDINGSCHOOL SIAK HULU

SYAHRUL KHOIRI, (2018) EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU AL-IHSAN BOARDINGSCHOOL SIAK HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018247KI.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018247KI.pdf

Download (571kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018247KI.pdf

Download (494kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018247KI.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018247KI.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018247KI.pdf

Download (494kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018247KI.pdf

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018247KI.pdf

Download (640kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018247KI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (620kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018247KI.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018247KI.pdf

Download (335kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk efektivitas layanan bimbingan kelompok terhadap kemampuan berkomunikasi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen the one group pre test dan post test design. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al-Ihsan Boarding School Siak Hulu Tahun Pelajaran 2016/2017. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa. sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah efektifitas layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi siswa kelas VII. Jumlah populasi sebanyak 114 orang siswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 8 orang siswa. Instrument yang digunakan angket dengan jenis skala likert. Uji validitas mengunakan SPSS For Windows Release 17.00. Adapun untuk analisis data, peneliti menggunakan uji Wilcoxon’s (signed ranks test). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perasaan inferioritas siswa sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok berada di kategori sedang dengan rata-rata 83,9 dan setelah diberikan layanan bimbingan kelompok tentang mengatasi perasaan inferioritas siswa mengalami peningkatan menjadi kategori tinggi dengan rata-rata 113,8 maka dapat dikatakan adanya perbedaan pre test dan post test. Jadi dapat disimpulkan bimbingan kelompok efektif terhadap siswa yang dilihat dari hasil analisis data 0.012<0.05, sehingga Ho ditolak. Kata kunci: Efektivitas, Bimbingan Kelompok, Kemampuan Berkomunikasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 02 Apr 2019 05:08
Last Modified: 02 Apr 2019 05:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12525

Actions (login required)

View Item View Item