Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS MISKONSEPSI SISWA MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA

FITRI DEWI SITOMPUL (2018) ANALISIS MISKONSEPSI SISWA MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018244PK.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018244PK.pdf

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018244PK.pdf

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018244PK.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018244PK.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018244PK.pdf

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018244PK.pdf

Download (652kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018244PK.pdf

Download (620kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018244PK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (703kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018244PK.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018244PK.pdf

Download (343kB) | Preview

Abstract

Miskonsepsi siswa pada beberapa konsep kimia adalah hal yang penting untuk dianalisis, karena dapat mengakibatkan kesalahan pemahaman berkelanjutan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis miskonsepsi siswa menggunakan metode Certainty of Response Index (CRI) pada materi kesetimbangan kimia di kelas X SMK KANSAI Pekanbaru. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif. Pengambilan sampel menggunakan teknik purpose sampling, sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Jurusan Listrik yang berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes objektif pilihan ganda disertai dengan metode Certainty of Response Index (CRI) serta lembar wawancara. Hasil analisis menunjukkan bahwa miskonsepsi ditemukan pada subkonsep pengertian reaksi kesetimbangan sebesar 71,43%, sedangkan pada konsep lainnya berkisar antara 21,90% - 37,46% . Selain itu, hasil penelitian menunjukkan bahwa miskonsepsi pada siswa disebabkan karena siswa tidak memahami konsep secara utuh dan menghubungkan satu konsep dengan konsep lainnya dengan pemahaman parsial, sehingga mengakibatkan siswa membuat kesimpulan yang salah. Miskonsepsi ini memerlukan perubahan pedagogi yang tepat dalam hal penjelasan materi kesetimbangan kimia. Kata Kunci: Miskonsepsi, Certainty of Response Index (CRI), Kesetimbangan Kimia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 02 Apr 2019 04:55
Last Modified: 02 Apr 2019 04:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12522

Actions (login required)

View Item View Item