JULIA (2018) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN STRATEGI INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MATERI SHARAF DALAM PEMBELAJARAN ILMU SHARAF SISWA MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK PESANTREN ISLAMIC CENTRE AL-HIDAYAH KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018207PBA.pdf Download (583kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAAN_2018207PBA.pdf Download (331kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018207PBA.pdf Download (790kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018207PBA.pdf Download (489kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018207PBA.pdf Download (551kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018207PBA.pdf Download (711kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018207PBA.pdf Download (765kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018207PBA.pdf Download (760kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018207PBA.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018207PBA.pdf Download (580kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018207PBA.pdf Download (384kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan strategi index card match untuk Meningkatkan penguasaan materi sharaf dalam pembelajaran ilmu sharaf siswa Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Islamic Centre Al-Hidayah Kampar. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah “ Apakah penggunaan strategi index card match efektif untuk meningkatkan penguasaan materi siswa Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Islamic Centre Al-Hidayah Kampar?”.Penelitian ini dimulai dari memberikan pretest untuk mengetahui penguasaan siswa terhadap materi- materi sharaf, kemudian merancang langkah pembelajaran dengan metode qiyasiyah dengan strategi index card match, pelaksanaan pembelajaran dengan observasi, setelah enam kali observasi kemudian dilakukan posttest. Populasi penelitian adalah siswa Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Islamic Centre Al-Hidayah Kampar tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah 128 siswa. Sampel penelitian yaitu siswa kelas 2(3) dan 2(4) Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Islamic Centre Al-Hidayah Kampar. Subjek penelitian adalah siswa Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Islamic Centre Al-Hidayah Kampar. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi dan test. Rumus yanga dipergunakan untuk menganalisis efektifitas penggunaan strategi index card match adalah t-test. Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa strategi index card match efektif untuk meningkatkan pengusaan materi sharaf siswa Madrasah Tsanawaiyah Pondok Pesantren Islamic Centre Al-Hidayah Kampar. Karena nilai To = 2,77 lebih besar dari Tt pada taraf signifikansi 1% = 2.68 dan taraf signifikansi 5% = 2.01. ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain penggunaan strategi index card match untuk meningkatkan penguasaan materi sharaf siswa Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Islamic Centre Al-Hidayah Kampar. Kata Kunci : Efektifitas, Strategi, Penguasaan Materi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 28 Mar 2019 05:16 |
Last Modified: | 28 Mar 2019 05:16 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12479 |
Actions (login required)
View Item |