PENGARUH DISIPLIN KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-MUTTAQIN PEKANBARU

KARTINE ANNISRA, (2018) PENGARUH DISIPLIN KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-MUTTAQIN PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018181PAI.pdf

Download (519kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018181PAI.pdf

Download (564kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018181PAI.pdf

Download (688kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018181PAI.pdf

Download (517kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018181PAI.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018181PAI.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018181PAI.pdf

Download (547kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018181PAI.pdf

Download (482kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018181PAI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018181PAI.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR KEPUSTAKAAN_2018181PAI.pdf

Download (399kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Disiplin Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran FIKIH di Madrasah Tsanawiyah Al-Muttaqin Pekanbaru tahun ajaran 2017/2018.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII dan IX Madrasah Tsanawiyah Al-Muttaqin Pekanbaru yang berjumlah 260 siswa dari 8 kelas, sedangkan sampelnya sebesar 30% dengan jumlah 78 orang siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate stratified random sampling . Variabel dalam penelitian ini adalah Disiplin Kelas sebagai Variabel bebas ( X ) dan Hasil belajar siswa sebagai Variabel terikat ( Y ). Teknik pengambilan data yang digunakan adalah dengan menggunakan Angket, Observasi, dan Dokumentasi. Dalam penelitian ini data dianalisis dengan teknik korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Disiplin Kelas memberikan pengaruh yang signifikan terhadap Hasil belajar siswa. Setelah menganalisis data, penulis menyimpulkan bahwa Disiplin Kelas siswa ialah sebesar 80,04% atau dalam kategori sangat baik. Sedangkan hasil belajar siswa pada mata FIKIH ialah sebesar 67,56% atau dalam kategori baik sekali. Melalui uji SPSS korelasi Product Moment, hasil analisis data penelitian menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,293 lebih besar daripada rt pada taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu 0,186<0,260>0,243 dengan demikian maka Ha diterima dan H0 ditolak. Besarnya sumbangan variabel X terhadap Y adalah 8,58% dan sisanya 91,42% dipengaruhi oleh variabel lain. Maka dapat disimpulkan, semakin baik disiplin kelas maka semakin baik pula hasil belajar siswa pada mata pelajaran FIKIH di Madrasah Tsanawiyah AlMuttaqin Pekanbaru. Kata Kunci: Pengaruh, Disiplin Kelas dan Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 27 Mar 2019 07:58
Last Modified: 27 Mar 2019 07:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12454

Actions (login required)

View Item View Item