AN ABDY PUTRA (2018) PENGARUH KONSEP DIRI TERHADAP DISIPLIN BELAJAR DI SEKOLAH PENGARUH KONSEP DIRI TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KAMPAR TIMUR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_2018167PIPS-E.pdf Download (389kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_2018167PIPS-E.pdf Download (305kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_2018167PIPS-E.pdf Download (402kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_2018167PIPS-E.pdf Download (353kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_2018167PIPS-E.pdf Download (330kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_2018167PIPS-E.pdf Download (417kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_2018167PIPS-E.pdf Download (351kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_2018167PIPS-E.pdf Download (287kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_2018167PIPS-E.pdf Restricted to Registered users only Download (677kB) |
||
|
Text
10. BAB V_2018167PIPS-E.pdf Download (335kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018167PIPS-E.pdf Download (340kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya disiplin belajar siswa pada pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kampar Timur. Adapun tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara konsep diri dan konsep diri negatif terhadap disiplin belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Kampar Timur. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS, sedangkan objeknya adalah pengaruh konsep diri terhadap disiplin belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI dan XII IPS yang berjumlah 293 siswa, karena banyaknya jumlah populasinya, maka penulis mengambil sampel dengan stratified random sampling dengan jumlah sampel yaitu seluruh siswa kelas XI IPS dengan jumlah 140 orang siswa. Data yang terkumpul sesuai dengan jenis penelitian ini yaitu penelitian dua variabel, yaitu varibel konsep diri sebagai variabel X dan variabel disiplin belajar siswa sebagai varabel Y, dalam pengolahan datanya penulis menggunakan rumus regresi linier sederhana dengan bantuan SPSS 17.0 statistic. Penelitian yang penulis lakukan ini menghasilkan kesimpulan akhir bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara konsep diri terhadap disiplin belajar siswa, hal ini dilihat dari besarnya hasil t hitung ˃ t tabel (4,142 ˃ 1.984) dan diperoleh koefisien untuk variabel konsep diri yaitu sebesar 0,755. Dengan demikian pengaruh konsep diri terhadap disiplin belajar siswa yaitu sebesar = (0,755 2 ) x 100% = 57,002%. Sedangkan secara simultan konsep diri positif dan negatif terhadap disiplin belajar siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Kampar Timur sebesar 0.173 x 100% =17.3% selebihnya ditentukan oleh variabel lain. Dimana diperoleh r0/ R square 0.173 dan lebih besar dari rt (tabel) pad taraf signifikan 5% dan 1% yaitu 1.39 ˂ 17,155 ˃ 1.59, ini berarti Ha diterima, Ho ditolak. Kata Kunci : Pengaruh, Konsep diri terhadap disiplin belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 27 Mar 2019 03:39 |
Last Modified: | 27 Mar 2019 03:39 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12440 |
Actions (login required)
View Item |