EFEKTIFITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENGATASI PERASAAN INFERIORITAS SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 12 PEKANBARU

FARINI, (2018) EFEKTIFITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENGATASI PERASAAN INFERIORITAS SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 12 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018159KI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018159KI.pdf

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018159KI.pdf

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018159KI.pdf

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018159KI.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018159KI.pdf

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018159KI.pdf

Download (548kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018159KI.pdf

Download (687kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018159KI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (766kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018159KI.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018159KI.pdf

Download (267kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektfitas layanan bimbingan kelompok untuk mengatasi perasaan inferioritas siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen the one group pre test dan post test design. Lokasi penelitian di SMAN 12 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2016/2017. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah efektifitas layanan bimbingan kelompok untuk mengatasai perasaan inferioritas siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 10 orang siswa. Instrument yang digunakan angket. Uji validitas mengunakan SPSS For Windows Release 17.00. Adapun untuk analisis data, peneliti menggunakan uji Wilcoxon’s (signed ranks test). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perasaan inferioritas siswa sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok berada di kategori sedang dengan rata-rata 70,7 dan setelah diberikan layanan bimbingan kelompok tentang mengatasi perasaan inferioritas siswa mengalami peningkatan untuk mengatasi perasaan inferioritasnya dengan rata-rata 106,8 dapat dikatakan adanya perbedaan pre test dan post test. Jadi dapat disimpulkan bimbingan kelompok efektif untuk mengatasi perasaan inferioritas siswa yang dilihat dari hasil analisis data 0.005<0.05, sehingga Ho ditolak. Kata Kunci: Efektifitas, Layanan Bimbingan Kelompok, Perasaan Inferioritas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 27 Mar 2019 02:55
Last Modified: 27 Mar 2019 02:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12432

Actions (login required)

View Item View Item