PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERTUKAR PASANGAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KAMPAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL

MAWADDAH VENNITA, (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERTUKAR PASANGAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KAMPAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1 COVER_2018116PMT.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018116PMT.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018116PMT.pdf

Download (600kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018116PMT.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018116PMT.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018116PMT.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018116PMT.pdf

Download (510kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018116PMT.pdf

Download (568kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018116PMT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (692kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018116PMT.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018116PMT.pdf

Download (357kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki ada tidaknya perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif Bertukar Pasangan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional jika ditinjau dari kemampuan awal tinggi, sedang, dan rendah pada siswa SMP Negeri 4 Kampar. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen yang bertujuan untuk menyelidiki hubungan sebab akibat dengan cara memberikan perlakuan pada salah satu kelas dan membandingkan hasilnya dengan salah satu kelas yang diberikan perlakuan yang berbeda. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII 2 dan VIII 3 SMP Negeri 4 Kampar dan objek penelitian ini adalah Pengaruh Penerapan model Pembelajaran Bertukar Pasangan terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP ditinjau dari Kemampuan Awal. Penulis menggunakan tes “t” untuk menganalisis data. Berdasarkan analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Bertukar Pasangan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. 2) Tidak terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Bertukar Pasangan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional ditinjau dari kemampuan awal tinggi. 3) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Bertukar Pasangan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional ditinjau dari kemampuan awal sedang. 4) Tidak terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe Bertukar Pasangan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional ditinjau dari kemampuan awal rendah. Dengan demikian secara umum pembelajaran Bertukar Pasangan berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis yang ditinjau dari kemampuan awal siswa SMP Negeri 4 Kampar. Kata kunci: Bertukar Pasangan, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Kemampuan Awal Matematis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 25 Mar 2019 04:40
Last Modified: 25 Mar 2019 04:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12378

Actions (login required)

View Item View Item