PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN QUIPPER SCHOOL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 PANGKALAN KERINCI

SURTINI, (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN QUIPPER SCHOOL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 PANGKALAN KERINCI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_2018106PK.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_2018106PK.pdf

Download (596kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_2018106PK.pdf

Download (559kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_2018106PK.pdf

Download (615kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_2018106PK.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_2018106PK.pdf

Download (552kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_2018106PK.pdf

Download (602kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_2018106PK.pdf

Download (595kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_2018106PK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (784kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_2018106PK.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_2018106PK.pdf

Download (265kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam memahami dan mengingat materi pelajaran sehingga masih rendahnya prestasi belajar siswa yang ditandai dengan banyaknya siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimium (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Quipper School terhadap prestasi belajar siswa pada pembelajaran kimia pokok bahasan Ikatan Kimia kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Pangkalan Kerinci. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Random Sampling, sehingga didapat dua kelas yaitu kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Quipper School dan kelas X MIPA 4 sebagai kelas kontrol menggunakan pembelajaraan konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah uji homogenitas untuk data awal, dokumentasi, pretest dan postest untuk data akhir. Analisis data akhir pada penelitian menggunakan uji ttest. Hasil perhitungan analisis data akhir diperoleh nilai thitung = 2,94 dengan menggunakan taraf signifikan 5% maka diperoleh nilai ttabel = 1,67. Hal ini menunjukkan thitung > ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima, dapat disimpulkan adanya pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Quipper School terhadap prestasi belajar siswa pada pembelajaran kimia pokok bahasan Ikatan Kimia kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Pangkalan Kerinci. Kata kunci: Problem Based Learning, Ikatan Kimia, Quipper School, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 25 Mar 2019 01:14
Last Modified: 25 Mar 2019 01:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12365

Actions (login required)

View Item View Item