PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DITINJAU BERDASARKAN KEMAMPUAN AWAL SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ROKAN HULU

DEFRI AFRIZAL, (2018) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DITINJAU BERDASARKAN KEMAMPUAN AWAL SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ROKAN HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
1. COVER_201899PMT.pdf

Download (378kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN_201899PMT.pdf

Download (340kB)
[img] Text
3. ABSTRAK_201899PMT.pdf

Download (772kB)
[img] Text
4. PENGHARGAAN_201899PMT.pdf

Download (454kB)
[img] Text
5. DAFTAR ISI_201899PMT.pdf

Download (258kB)
[img] Text
6. BAB I_201899PMT.pdf

Download (331kB)
[img] Text
7. BAB II_201899PMT.pdf

Download (687kB)
[img] Text
8. BAB III_201899PMT.pdf

Download (790kB)
[img] Text
9. BAB IV_201899PMT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (863kB)
[img] Text
10. BAB V_201899PMT.pdf

Download (515kB)
[img] Text
11. DAFTAR PUSTAKA_201899PMT.pdf

Download (462kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih kurangnya pemahaman konsep siswa, sehingga perlu diterapkan suatu pendekatan pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki ada tidaknya perbedaan pemahaman konsep matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan konstruktivisme dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung jika ditinjau dari kemampuan awal tinggi, sedang dan rendah pada siswa SMP Negeri 3 Rambah. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.A Sebagai kelas eksperimen dan VIII.B sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan tes”t” dan two way anova untuk menganalisis data. Berdasarkan hasil analis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan pemahaman konsep matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan konstruktivisme dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung, Dengan hasil perhitungan tes “t” diperoleh

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 22 Mar 2019 09:07
Last Modified: 22 Mar 2019 09:07
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12348

Actions (login required)

View Item View Item