PENGEMBANGAN LEMBAR AKTIVITAS SISWA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 01 KAMPAR

HERMAITRIYANA, (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR AKTIVITAS SISWA BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 01 KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
1. COVER_201892PMT.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_201892PMT.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK_201892PMT.pdf

Download (739kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. PENGHARGAAN_201892PMT.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI_201892PMT.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I_201892PMT.pdf

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II_201892PMT.pdf

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB III_201892PMT.pdf

Download (549kB) | Preview
[img] Text
9. BAB IV_201892PMT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (636kB)
[img]
Preview
Text
10. BAB V_201892PMT.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_201892PMT.pdf

Download (356kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari oleh kebutuhan siswa dalam pembelajaran menggunakan Lembar Aktivitas Siswa (LAS) yang dapat menuntun siswa dalam menemukan penalaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LAS berbasis model Quantum Teaching yang valid dan praktis untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi bilangan bulat. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation (ADDIE). Penelitian dilakukan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 01 Kampar. Subyek penelitian adalah para ahli materi dan ahli teknologi yang terdiri dari dosen dan guru serta 6 siswa untuk uji kelompok kecil dan 28 siswa untuk uji kelompok terbatas. Objek penelitian adalah LAS berbasis model Quantum Teaching. Instrumen pengumpulan data berupa angket uji validitas oleh para ahli yang digunakan untuk mengetahui validitas LAS, angket uji praktikalitas oleh siswa untuk mengetahui praktikalitas LAS dan soal tes untuk mengetahui tingkat kemampuan penalaran matematika siswa setelah menggunakan LAS. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan kualitas LAS yang dikembangkan tergolong kriteria sangat valid dengan persentase 83,35% dan tergolong kriteria sangat praktis dengan persentase 84,3% untuk kelompok kecil dan 90,9% untuk kelompok terbatas. Selanjutnya tingkat kemampuan penalaran matematika siswa setelah menggunakan LAS termasuk kriteria tinggi dengan persentase 83,4%. Hal tersebut menunjukkan bahwa LAS berbasis Quantum Teaching ini telah valid, praktis dan dapat memfasilitasi kemampuan penalaran matematika siswa. Kata Kunci: LAS, Quantum Teaching, Penalaran Matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 22 Mar 2019 08:41
Last Modified: 22 Mar 2019 08:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12340

Actions (login required)

View Item View Item