YULFIA WILANDRI (2018) PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA SIAK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_201878PMT.pdf Download (372kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_201878PMT.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAK_201878PMT.pdf Download (665kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_201878PMT.pdf Download (451kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_201878PMT.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_201878PMT.pdf Download (458kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_201878PMT.pdf Download (635kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_201878PMT.pdf Download (801kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_201878PMT.pdf Restricted to Registered users only Download (738kB) |
||
|
Text
10. BAB V_201878PMT.pdf Download (514kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_201878PMT.pdf Download (474kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki ada tidaknya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran Learning Cycle 5E dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional jika ditinjau dari kemampuan awal tinggi, sedang dan rendah pada siswa SMP Negeri 10 Tualang. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan Posttest Only Control Grup Design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII 3 sebagai kelas eksperimen dan 4 VIII sebagai kelas kontrol. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Cluster Sampling. Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan uji Chi kuadrat untuk menguji normalitas data, kemudian digunakan rumus Mann Whitney(U-Test) untuk mengetahui hasil penelitian dan anova dua arah untuk melihat interaksi siswa berkemampuan awal tinggi, sedang, dan rendah. Berdasarkan hasil analis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1)Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mengunakan model pembelajaran Learning Cycle 5E dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, 2)Terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan awal dengan pemecahan masalah matematis siswa, 3)Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis yang ditinjau berdasarkan kemampuan awal siswa. Secara umum, model pembelajaran Learning Cycle 5E berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis yang ditinjau berdasarkan kemampuan awal siswa SMP Negeri 10 Tualang Kata kunci : Learning Cycle 5E, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Kemampuan Awal.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 22 Mar 2019 02:36 |
Last Modified: | 22 Mar 2019 02:36 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12289 |
Actions (login required)
View Item |