SYAFRUDIN (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS RELATING, EXPERIENCING, APPLIYING, COOPERATING AND TRANSFERRING (REACT) UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA MADRASAH TSANAWIYAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
1. COVER_201876PMT.pdf Download (440kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN_201876PMT.pdf Download (463kB) | Preview |
|
|
Text
3. ABSTRAKS _201876PMT.pdf Download (379kB) | Preview |
|
|
Text
4. PENGHARGAAN_201876PMT.pdf Download (270kB) | Preview |
|
|
Text
5. DAFTAR ISI_201876PMT.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I_201876PMT.pdf Download (357kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II_201876PMT.pdf Download (412kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III_201876PMT.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV_201876PMT.pdf Restricted to Registered users only Download (824kB) |
||
|
Text
10. BAB V_201876PMT.pdf Download (291kB) | Preview |
|
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA_201876PMT.pdf Download (263kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan koneksi untuk memahami konsep, menyelesaikan tugas dan memecahkan masalah matematika yang terintegrasi dengan kehidupan nyata, maupun berkaitan dengan disiplin ilmu lain. Namun, dalam pembelajaran masih terdapat siswa MTs di Kota Pekanbaru yang belum optimal memiliki kemampuan koneksi matematis. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar berupa lembar kerja siswa (LKS )dalam pembelajaran matematika yang valid, praktis, dan efektif, serta dapat memfasilitasi kemampuan koneksi matematis siswa pada materi himpunan. Pengembangan LKS mengikuti model pengembangan ADDIE. Penelitian ini dilakukan di MTs Darul Hikmah Pekanbaru tahun pelajaran 2017/2018. Subjek penelitian adalah para ahli materi dan ahli media pembelajaran yang berasal dari dosen dan guru, serta siswa MTs Darul Hikmah. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII A 1 sebagai kelas eksperimen serta kelas VII A 5 sebagai kelas kontrol. Objek penelitian adalah LKS matematika berbasis Relating, Experiencing, Appliying, Cooperating, and Transferring (REACT ). Instrumen pengumpulan data berupa angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan kualitas LKS yang yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid (93, 4% ) dan sangat praktis (95,43% )untuk kelompok kecil dan sangat praktis (97,42% ) untuk kelompok besar. Sedangkan nilai sebesar 2,07 dan nilai pada taraf signifikan 5% sebesar 2,01 maka > atau 2,72 > 2,01, sehingga ℎ diterima dan ℎ ditolak. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan koneksi matematis antara siswa kelas eksperimen dan siswa kelas kontrol. Hal tersebut menunjukkan bahwa LKS matematika berbasis Relating, Experiencing, Appliying, Cooperating, and Transferring (REACT )ini telah valid, praktis, efektif dan dapat memfasilitasi kemampuan koneksi matematis siswa. Kata Kunci :Lembar Kerja Siswa (LKS ), Model Relating, Experiencing, Appliying, Cooperating, and Transfering (REACT ), Kemampuan Koneksi Matematis Matematis.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ms. Hidayani |
Date Deposited: | 22 Mar 2019 02:31 |
Last Modified: | 22 Mar 2019 02:31 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12285 |
Actions (login required)
View Item |