INTERAKSI SOSIAL SISWA BERPRESTASI DALAM BELAJAR DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 KECAMATAN TAMBANG

OKTA ZONA NOVA SARI, (2018) INTERAKSI SOSIAL SISWA BERPRESTASI DALAM BELAJAR DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 KECAMATAN TAMBANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
1. COVER_201869KI.pdf

Download (315kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN_201869KI.pdf

Download (336kB)
[img] Text
3. ABSTRAK_201869KI.pdf

Download (456kB)
[img] Text
4. PENGHARGAAN_201869KI.pdf

Download (374kB)
[img] Text
5. DAFTAR ISI_201869KI.pdf

Download (326kB)
[img] Text
6. BAB I_201869KI.pdf

Download (376kB)
[img] Text
7. BAB II_201869KI.pdf

Download (396kB)
[img] Text
8. BAB III_201869KI.pdf

Download (319kB)
[img] Text
9. BAB IV_201869KI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB)
[img] Text
10. BAB V_201869KI.pdf

Download (300kB)
[img] Text
11. DAFTAR PUSTAKA_201869KI.pdf

Download (298kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui bagaimana interaksi sosial siswa berprestasi dalam belajar di SMP Negeri 2 Kecamatan Tambang. (2) faktor yang mempengaruhi interaksi sosial siswa berprestasi dalam belajar di SMP Negeri 2 Kecamatan Tambang. Jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data diperoleh menggunakan wawancara dengan 4 orang teman sekelas siswa berprestasi dalam belajar sebagai informan kunci, 1 orang wali kelas, 2 orang guru mata pelajaran dan 3 orang siswa berprestasi dalam belajar di kelas VIII.3 yang ada di SMP Negeri 2 Kecamatan Tambang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) interksi sosial siswa berprestasi dalam belajar adalah Interaksi sosial siswa berprestasi dalam belajar di SMP Negeri 2 Kecamatan Tambang tergolong rendah atau kurang, baik dalam individu maupun dalam kelompok. Karena siswa berprestasi dalam belajar lebih mementingkan pendidikan dari pada berinteraksi sosial dengan orang yang ada disekeliling mereka. Karena kurangnya interaksi sosial siswa beprestasi dalam belajar, mereka yang berprestasi jadi dikucilkan oleh taman-teman yang ada di sekeliling mereka. Sebab, mereka tidak mau berkomunikasi dan juga berbagi ilmu terhadap teman-teman mereka yang lain, dan juga tidak ada kerja sama antara siswa berprestasi yang satu dengan yang lainnya, bahkan mereka saling bersaing. (2) faktor yang mempengaruhi interaksi sosial siswa berprestasi dalam belajar di SMP Negeri 2 Kecamatan Tambang Siswa berprestasi dalam belajar mampu menerima pelajaran yang diberikan oleh guru mata pelajaran dan juga mampu menerima arahan dari guru bimbingan konseling dan juga wali kelas. Tetapi siswa berprestasi dalam belajar belum mampu melaksanakan arahan yang sudah diterima tersebut. Bahkan belum ada dorongan dalam diri siswa berprestasi dalam belajar untuk saling bekerja sama dengan teman yang mempunyai kemampuan rendah dibandingkan mereka bahkan bekerja sama dengan siswa berprestasi lainnya dan juga bergabung bersama teman-teman dalam bermain. Kata Kunci : Interaksi Sosial, Siswa Berprestasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 22 Mar 2019 02:06
Last Modified: 22 Mar 2019 02:06
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12277

Actions (login required)

View Item View Item