HUBUNGAN PEMBELAJARAN AKHLAKUL KARIMAH DENGAN PERILAKU SISWA KELAS VII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MUHAMMADIYAH 1 PEKANBARU KECAMATAN SUKAJADI

FIRDAUS MAHARSA, (2018) HUBUNGAN PEMBELAJARAN AKHLAKUL KARIMAH DENGAN PERILAKU SISWA KELAS VII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MUHAMMADIYAH 1 PEKANBARU KECAMATAN SUKAJADI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
1. COVER_201856PAI.pdf

Download (300kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN_201856PAI.pdf

Download (341kB)
[img] Text
3. ABSTRAK_201856PAI.pdf

Download (505kB)
[img] Text
4. PENGHARGAAN_201856PAI.pdf

Download (455kB)
[img] Text
5. DAFTAR ISI_201856PAI.pdf

Download (335kB)
[img] Text
6. BAB I_201856PAI.pdf

Download (524kB)
[img] Text
7. BAB II_201856PAI.pdf

Download (612kB)
[img] Text
8. BAB III_201856PAI.pdf

Download (537kB)
[img] Text
9. BAB IV_201856PAI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
10. BAB V_201856PAI.pdf

Download (332kB)
[img] Text
11. DAFTAR KEPUSTAKAAN_201856PAI.pdf

Download (458kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran Akhlakul Karimah, Perilaku siswa kelas VII serta ada atau tidaknya hubungan pembelajaran Akhlakul Karimah dengan perilaku siswa kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 1 Pekanbaru Kecamatan Sukajadi. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 1 Pekanbaru Kecamatan Sukajadi. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah hubungan pembelajaran Akhlakul Karimah dengan perilaku siswa kelas VII. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 1 Pekanbaru Kecamatan Sukajadi yang berjumlah 234 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik simple random sampling yaitu pengambilan sampel secara acak sebesar 30%. Pengumpulan data tentang pembelajaran Akhlakul Karimah dengan perilaku siswa kelas VII dilakukan dengan menggunakan angket. Sedangkan untuk menganalisis hubungan pembelajaran Akhlakul Karimah dengan perilaku siswa kelas VII, data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan rumus korelasi product moment. rxy =N∑ ∑ ∑ √[N∑ ∑ ] ∑ ∑ ] Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan mengenai hubungan pembelajaran Akhlakul Karimah dengan perilaku siswa kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 1 Pekanbaru Kecamatan Sukajadi, maka didapatkan hasil bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan pembelajaran Akhlakul Karimah dengan perilaku siswa kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 1 Pekanbaru Kecamatan Sukajadi. Hal ini berdasarkan hasil perhitungan product moment sebesar 0,560 lebih besar dari “r” tabel baik pada taraf signifikansi 5% (0,232) maupun taraf signifikan 1% (0,302). Dengan cara lain dapat ditulis dengan 0,232 < 0,560 > 0,302. Dengan demikian berarti Ha (hipotesa alternatif) diterima dan Ho (hipotesa nihil) ditolak. Dapat disimpulkan bahwa ada korelasi positif yang signifikan antara pembelajaran Akhlakul Karimah dengan perilaku siswa kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 1 Pekanbaru Kecamatan Sukajadi. Artinya semakin baik pembelajaran Akhlakul Karimah maka semakin baik pulalah perilaku siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 21 Mar 2019 02:49
Last Modified: 21 Mar 2019 02:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12237

Actions (login required)

View Item View Item