STRATEGI GURU FIKIH MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH TANJUNG BELIT KECAMATAN KAMPAR

FITRIANIS, (2018) STRATEGI GURU FIKIH MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH MUHAMMADIYAH TANJUNG BELIT KECAMATAN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
1. COVER_201842PAI.pdf

Download (754kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN_201842PK.pdf

Download (448kB)
[img] Text
3. ABSTRAK_201842PK.pdf

Download (539kB)
[img] Text
4. PERHARGAAN_201842PK.pdf

Download (375kB)
[img] Text
5. DAFTAR ISI_201842PK.pdf

Download (259kB)
[img] Text
6. BAB I_201842PK.pdf

Download (402kB)
[img] Text
7. BAB II_201842PK.pdf

Download (587kB)
[img] Text
8. BAB III_201842PK.pdf

Download (333kB)
[img] Text
9. BAB IV_201842PK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (648kB)
[img] Text
10. BAB V_201842PK.pdf

Download (297kB)
[img] Text
11. DAFTAR KEPUSTAKAAN_201842PK.pdf

Download (321kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh (1) guru jarang membimbing siswa melakukan identifikasi terhadap masalah-masalah yang muncul dalam materi pelajaran, (2) guru jarang membimbing siswa menganalisis masalah belajar dalam materi pelajaran, (3) guru belum maksimal membimbing siswa dalam membuat kesimpulan dalam materi pelajaran, (4) guru belum maksimal menciptakan suasana belajar yang menarik sehingga siswa belum mampu menciptakan ide-ide baru dari pemecahan masalah dalam belajar. Dengan demikian penulis merasa perlu untuk melakukan penelitian yang mendalam dengan judul: Strategi Guru Fikih Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Tanjung Belit Kecamatan Kampar. Rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut: Bagaimanakah Strategi Guru Fikih Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Tanjung Belit Kecamatan Kampar? Dan apa faktor-faktor yang mempengaruhi strategi guru fikih Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Tanjung Belit Kecamatan Kampar?. Sedangkan yang menjadi tujuannya yaitu untuk mengetahui bagaimanakah Bagaimanakah Strategi Guru Fikih Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Tanjung Belit Kecamatan Kampar. Berpikir Kritis adalah pemahaman atau refleksi terhadap permasalahan secara mendalam, mempertahankan pikiran agar tetap terbuka bagi berbagai pendekatan dan perspektif yang berbeda, tidak mempercayai logika saja informasi-informasi yang datang dari berbagai sumber (lisan atau tulisan), dan berpikir secara reflektif dan evakuatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru fikih di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Tanjung Belit Kecamatan Kampar. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah Strategi Guru Fikih Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Tanjung Belit Kecamatan Kampar. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis, dengan menggunakan rumus statistik persentase, diperoleh hasil sebesar 77%. Dengan demikian diperoleh kesimpulan hasil penelitian bahwa Strategi Guru Fikih Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Tanjung Belit Kecamatan Kampar termasuk dalam kategori baik karena berada pada interval 76-100%. Kata Kunci : Strategi Guru, Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Hidayani
Date Deposited: 20 Mar 2019 08:00
Last Modified: 20 Mar 2019 08:00
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/12212

Actions (login required)

View Item View Item